Kejari Kota Probolinggo Launching Rumah Restorative Justice

Kejari Kota Probolinggo resmikan Rumah Restorative Justice (RJ)
Kejari Kota Probolinggo resmikan Rumah Restorative Justice (RJ)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-PROBOLINGGO – Kejaksaan Negeri (Kejari) Kota Probolinggo bersinergi dengan Pemerintah Kota (Pemkot) Probolinggo meluncurkan Rumah Restorative Justice (RJ) Rabu, (16/03/2022).

Dilaunching di Kantor Kecamatan Kanigaran , Launching Rumah Restorative Justice secara Nasional dilakukan oleh Jaksa Agung RI secara virtual.

Bacaan Lainnya

“Pembentukan Rumah RJ ini dalam rangka membantu kondusifitas wilayah Kota Probolinggo khususnya Kanigaran dalam menyelesaikan permasalahan hukum yang terjadi. Tidak hanya Kanigaran, selanjutnya kelurahan-kelurahan yang lain bisa dibentuk rumah RJ ini lagi,” ucap Kajari Hartono di hadapan Forkopimda dan sejumlah masyarakat.

Berita Menarik Lainnya:  PPKM Diperpanjang, Polres Jombang Gelar Operasi Skala Besar

Lanjut Hartono, Jaksa Agung RI, Burhanuddin, bahwa rumah RJ dapat digunakan dan dimanfaatkan bukan saja untuk kepentingan penyelesaian perkara pidana saja. Untuk masalah keperdataan kejari menugaskan para jaksa.

Sedangkan masalah pidana, pembentukan rumah RJ untuk menyelesaikan permasalahan yaitu perkara-perkara dengan kriteria tertentu dengan kategori ringan.

Ads

“Perkara yang tidak harus diselesaikan dalam persidangan namun dengan cara duduk bersama antara korban dan pelaku, dimediasi oleh jaksa disaksikan juga para tokoh masyarakat dan babinkamtibnas, untuk mencari kesepakatan penyelesaian secara damai dan mufakat,” tambah Hartono.

Sementara itu, Pemkot Probolinggo melalui Sekda Ninik Ira Wibawati mengucapkan terima kasih dengan dibentuknya rumah RJ.

Program ini juga selaras dengan Pemkot terkait dengan hukum, yaitu kelompok sadar hukum, yang berkaitan dengan sosialisasi-sosialisasi tentang masalah hukum.

Ads

“Jadi rumah RJ ini sangat membantu kami sekali, karena akan memfasilitasi kami dengan perkara-perkara hukum. Karena ada beberapa masalah perdata masuk ke pemkot,” ucap Sekda Ninik.

Berita Menarik Lainnya:  Musim Hujan, Pete di Wonosalam Jombang Harganya Melonjak

Hal senada disampaikan Kapolres Probolinggo Kota AKBP Wadi Sa’bani, pihaknya sangat apresiasi adanya Rumah Restorative Justice.

Dengan keterbatasan personel Kejaksaan, pihak Polres dan Kodim 0820 Probolinggo siap mendukung program Ini.

“Harapannya nanti di setiap kelurahan dibentuk Rumah Restorative Justice, agar permasalahan yang ada bisa diselesaikan secara musyawarah untuk mencari mufakat,” ucap Kapolres.

Pihaknya juga menambahkan pembentukan Rumah Restorative Justice Kanigaran merupakan sebagai pilot project kelurahan-kelurahan yang lain di Kota Probolinggo untuk mencapai tujuan membangun sisi positif dalam penyelesaian proses perdamaian.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800