Huntara Korban APG Semeru Dipastikan Dipasang Listrik

Heru Tjahjono Plh Sekdaprov Jatim meninjau huntara. Tahap I Huntara adalah pemadatan kemudian land clearing, Selasa (4/1/2022) | Foto: Humas Pemprov Jatim
Heru Tjahjono Plh Sekdaprov Jatim meninjau huntara. Tahap I Huntara adalah pemadatan kemudian land clearing, Selasa (4/1/2022) | Foto: Humas Pemprov Jatim
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – LUMAJANG – Hunian sementara (Huntara) bagi korban erupsi Semeru dipercepat. Fasilitasnya pun dipastikan terdapat layanan listrik.

Untuk melihat progresnya Pelaksana Harian Sekretaris Daerah Provinsi Jawa Timur Heru Tjahjono meninjau lokasi pembangunan Huntara di Desa Sumbermujur, Kecamatan Candipuro, Kabupaten Lumajang, Selasa (4/1/2022).

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Didampingi Kepala Pelaksana Badan Penanggulangan Bencana Daerah Provinsi Jawa Timur, Budi Santosa, Kepala Dinas PU Sumber Daya Air (SDA) Jatim Muhammad Isa Anshori, Kepala Dinas Pekerjaan Umum Bina Marga Provinsi Jatim Edy Tambeng dan Kepala Dinas PU CKTR Jatim, Bayu Trihaskoro, Heru memantau progres pendirian Huntara.

Berita Menarik Lainnya:  Di Jatim Pernikahan Dini Masih Tinggi, Kurun 2021 Ada 17.151 Kasus

Hal itu sesuai harapan Gubernur Khofifah agar para pengungsi bisa mandiri dan melanjutkan hidupnya sebelum bangunan rumah permanen selesai didirikan.

“Progres saat ini pemadatan tanah di lahan Perhutani. Huntara akan dibangun bertahap. Sekarang baru 25 hektare lahan telah dipadatkan,” terang Heru.

Pemerintah menyediakan 81 Hektare lahan milik Perhutani untuk Huntara dengan jumlah 1.500 unit hunian tahap pertama.

Berita Menarik Lainnya:  Maling Sapi Jarah 4 Penjuru Wilayah Lumajang

“Site plan dan desain huntara yang terdiri dari ruang tamu, kamar tidur, kamar mandi serta fasilitas penunjang lainnya,” katanya.

Fasilitas di Huntara akan didirikan fasilitas umum yakni masjid, kandang terpadu, TPQ, madrasah, sekolah, dan ada lahan pemakaman.

Yang terpenting bersama Bupati Lumajang Thoriqul Haq fasilitas aliran listrik juga disediakan di Huntara.

“Tahapan Huntara harus melalui proses sesuai ketentuan. Pertama Land Clearing lalu pemasangan pondasi,” ujar Heru.

Selain meninjau Huntara, Heru juga melihat Jembatan Jugosari Lumajang yang terputus akibat diterjang banjir lahar Gunung Semeru.

Berita Menarik Lainnya:  Begini Jika Para Pengasuh Ponpes se Jatim Bertemu, Bahas OPOP

Warga di sekitar Jembatan juga telah direlokasi ke tempat yang lebih aman. Bupati memastikan warga yang bermukim di dekat jalur aliran lahar mengungsi ke tempat aman takut ada banjir susulan.

Bupati Lumajang Toriqul Haq, mengucapkan terima kasih kepada Gubernur atas percepatan respon penanganan dampak erupsi Semeru.

“Prinsipnya kita lakukan langkah cepat relokasi, sekarang masuk tahap land clearing Huntara. Gubernur akan cek sendiri ke Sumber Mujur dan Pronojiwo,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280