Hari Pangan Sedunia, Pemkab Kendal Berikan Apresiasi Kepada Petani dan Peternak

Wabup Kendal H Windu Suko Basuki, B.Sc. saat memberikan penghargaan secara simbolis kepada petani dan peternak, Kamis (14/10/2021) | Foto: Suroto
Wabup Kendal H Windu Suko Basuki, B.Sc. saat memberikan penghargaan secara simbolis kepada petani dan peternak, Kamis (14/10/2021) | Foto: Suroto
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Kendal – Pemerintah Kabupaten (Pemkab) Kendal memperingati Hari Pangan Sedunia Tahun 2021 tingkat Kabupaten Kendal bersama dengan para Kelompok Tani, Kamis (14/10/2021) di lapangan Desa Karanganyar, Kecamatan Plantungan.

Acara dihadiri oleh Wakil Bupati Kendal H Windu Suko Basuki, B.Sc., mewakili Bupati Kendal Dico M Ganinduto, B.Sc, Staf Ahli Bupati Kendal, Abdus Salam, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan, Kepala Dinas Pertanian Kabupaten Kendal Ir. Tjipto Wahyono, Kepala Dinas Kelautan dan Perikanan, Hudi Sambodo, dan para OPD terkait.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Turut hadir juga Camat Plantungan, Forkopimcam Plantungan beserta Para Kepala Desa se-Kecamatan Plantungan, pimpinan Bank Jateng Cabang Kendal dan Pimpinan BRI Kendal serta diikuti para kelompok tani dan para petani/peternak penerima manfaat bantuan.

Dalam sambutannya, Bupati Kendal menyampaikan oleh Wakil Bupati Kendal Windu Suko Basuki, bahwa peringatan Hari Pangan Sedunia mempunyai tujuan meningkatkan kesadaran dan perhatian penduduk dunia akan pentingnya penanganan masalah pangan baik di tingkat nasional, regional maupun global.

Menurutnya persoalan pangan bukan hal yang bisa disepelekan, persoalan pangan hal yang penting yang harus diperhatikan oleh Pemerintah karena jika terjadi krisis pangan di suatu daerah akan menyebabkan terjadinya kegaduhan sosial yang sangat sulit untuk diatasi.

Berita Menarik Lainnya:  Momentum Halal Bihalal, NU Care Lazisnu Sawahan Santuni Anak Yatim Bersama 3 Pilar

“Maka sudah sepatutnya kita berterima kasih kepada para petani yang tinggal di Desa-Desa dan pelosok karena berkat merekalah kehidupan di daerah kita tetap terjaga dan damai,” katanya.

Pihaknya juga memberikan apresiasi yang setinggi-tingginya kepada para pahlawan pangan khususnya para petani dan peternak, serta semua pihak yang terlibat dalam pemenuhan pangan nasional.

“Tantangan pertanian di masa pandemi Covid-19 seperti saat ini memang tidak mudah, karena terjadi pelambatan ekonomi yang cukup signifikan. Namun, sektor pertanian harus bergerak cepat dan melaju pasti dalam memenuhi kebutuhan pangan,” ungkap Wabub Kendal.

Ia juga mengatakan, keadaan saat ini kita menghadapi revolusi industry 4.0. merupakan era dimana setiap aspek kehidupan akan didukung dengan teknologi khususnya internet.

Maka perlunya mempersiapkan diri khususnya bidang ketahanan pangan yang akan dihadapi ke depan serta dapat dirasakan imbasnya nanti.

“Melalui peringatan Hari Pangan Sedunia ini, merupakan momentum untuk mengevaluasi, dan inovasi sektor pertanian khususnya kesejahteraan petani walaupun lahan yang digarap/dimiliki sangat terbatas. Selain itu peringatan ini juga menunjukkan ketahanan pangan yang ada di Kabupaten Kendal, bahwa pertanian di Kendal sangat produktif dan mampu mendukung ketahanan pangan,” tuturnya.

Pihaknya juga mengajak kepada muda milenial, anak muda kreatif agar tertarik di dunia pertanian, perkebunan dan perikanan agar prestasi ketahanan pangan di Bumi Kendal ini dapat dipertahankan.

Berita Menarik Lainnya:  Peternak Minta Vaksinasi Hewan Massal kepada Bupati Jember

“Harapannya dengan bergabungnya anak muda kreatif tersebut dapat menjadikan industri di bidang makanan semakin modern dan terus berkembang,” terangnya.

Dalam rangka mendukung ketahanan pangan dan swasembada pangan nasional, pemerintah memberikan perhatian khusus dengan mendorong sektor pertanian, yang menjadi salah satu sektor andalan atau unggulan dalam mendukung pembangunan dan kemajuan daerah, melalui penerapan teknologi budidaya secara tepat dengan penggunaan sarana prasarana produksi teknologi yang direkomendasikan di masing-masing wilayah.

“Salah satunya dengan penyediaan alat-alat mesin pertanian, yang mempunyai peranan sangat penting dalam peningkatan produktivitas dan kualitas hasil pertanian yang lebih baik,” ungkap Wakil Bupati Kendal.

Pada kesempatan ini, juga ada penyerahan secara simbolis bantuan alat mesin pertanian sebanyak 12 (dua belas) unit Traktor Roda 2, 10 unit Pompa Air, 2 unit Rice Transplanter, serta Bantuan bibit Jagung 3.452 hektar, bibit Alpokat 2.000 batang, dan bibit Jambu Kristal 1.000 yang akan diberikan kepada para Kelompok Tani di Kendal.

“Selain itu juga ada bantuan pembangunan Dam Parit Poktan Podo Maju Desa Tirtomulyo Kecamatan Plantungan, dan Rehabilitasi jaringan irigasi Poktan Sahabat Desa Parakan Sebaran Kecamatan Pageruyung,” jelasnya.

Untuk itu, ia berpesan kepada para Kelompok Tani yang menerima bantuan, agar dapat memanfaatkan atay mengelola bantuan secara maksimal, serta harus dapat merawat alat mesin pertanian ini dengan sebaik-baiknya.

“Sehingga nantinya bisa berdayaguna dan berhasil guna. Selanjutnya, kepada semua pihak instansi dan stakeholder pertanian, untuk selalu memonitoring dan mendukung program-program ketahanan pangan dan swasembada pangan di daerah kita ini, sehingga dapat dilaksanakan secara terintegrasi dan berkesinambungan,” urainya.

Berita Menarik Lainnya:  Plt Kadisperta: Begini Cara Dapat Bantuan Pupuk dan Pestisida

Wakil Bupati Kendal berharap, semoga dengan bantuan tersebut bisa bermanfaat dan memotivasi para kelompok tani dan petani di Kendal.

Selain itu, harapannya Kelompok tani harapannya Iebih meningkatkan kinerja dalam mengelola pertanian yang Iebih baik.

“Sehingga dapat meningkatkan produksi dan produktifitas pertanian yang lebih tinggi, untuk mencukupi kebutuhan swasembada pangan nasional, serta meningkatkan pendapatan dan kesejahteraan masyarakat, khususnya petani,” katanya.

“Semoga ke depan hasil pertanian di Kabupaten Kendal lebih baik dan berkualitas, serta mendapat ridho dengan diberi petunjuk, kemudahan, kekuatan lahir dan batin dalam melaksanakan pembangunan yang lebih baik dalam mewujudkan Kendal yang handal, unggul, makmur dan berkeadilan,” tutup Wakil Bupati Kendal mengakhiri sambutan bupati.

Sementara itu, Kepala Dinas Pertanian dan Pangan Tjipto Wahyono mengatakan, dalam rangka Hari Pangan Sedunia  pihaknya telah menggelar kegiatan-kegiatan yang  terus bisa mendorong dan memberikan semangat kepada para Kelompok Tani dan penggiat pertanian di Kabupaten Kendal.

“Sehingga di bidang pertanian di Kabupaten Kendal bisa lebih maju dan menghasilkan produk-produk pertanian lebih baik,” tutupnya.

Adapun rangkaian kegiatan dalam peringatan Hari Pangan Sedunia, seperti kegiatan vaksinasi, hari kopi, hari peternakan, dan pameran hasil produk pertanian yang menjadi satu rangkaian pada acara ini.

banner 600x310

Pos terkait