Empati ASN se-Bondowoso Terkumpul Rp.253 Juta untuk Korban Erupsi Semeru

Bupati Bondowoso, Drs Salwa Arifin saat menyerahkan bantuan pada Wabup Lumajang, Indah Amperwati, Rabu (22/12/2021) | Foto: Muslim
Bupati Bondowoso, Drs Salwa Arifin saat menyerahkan bantuan pada Wabup Lumajang, Indah Amperwati, Rabu (22/12/2021) | Foto: Muslim
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO – Empati dari aparatur sipil negara (ASN) Pemkab Bondowoso, berhasil mengumpulkan uang senilai Rp.253 juta. Dipimpin Bupati KH Syalwa Arifin uang tersebut diserahkan untuk korban erupsi Gunung Semeru, di Graha Nararya Kirana, Pemerintah Kabupaten Lumajang, Rabu (22/12/2021).

Ads

Bantuan berupa uang tunai sejumlah Rp.235,25 juta ini diterima Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperawati.

Bacaan Lainnya

Bupati Salwa Arifin menegaskan bantuan uang tunai ini bukan berasal dari APBD Kabupaten Bondowoso, melainkan murni dari empati kepedulian ASN se- Kabupaten Bondowosk ditambah dari Badan Amil Zakat Nasional (Baznas) Kabupaten Bondowoso.

“Kalu kita tanyakan bantuannya sangat minim sekali. Dibanding kelompok – kelompok lain. Nilainya tak seberapa tapi ini bentuk kepedulian kami, dengan segala keterbatasan kami,” ujarnya.

Ia mengaku sengaja memberikan bantuan dalam bantuan uang tunai. Karena, pihaknya menilai  banyak kebutuhan yang diperlukan oleh korban Gunung Semeru. Sementara kebutuhan sembako juga cukup banyak.

Sementara itu, Wakil Bupati Lumajang, Indah Amperwati, mengucapkan terima kasih dan apresiasinya atas bantuan dan dukungan yang diberikan.

Tentu kehadiran secara langsung pemimpin daerah dalam memberikan dukungan moril menjadi penyemangat bagi masyarakat Lumajang.
Terlebih saat ini sedang mengalami kesulitan ekonomi akibat pandemi Covid-19.

“Kami menyampaikan terima kasih dan penghargaan setinggi-tingginya, kepada Bupati Bondowoso beserta seluruh masyarakat Bondowoso. Luar biasa empati dan kehadiran beliau, menjadi penyemangat,” ungkapnya.

Ia juga menyinggung bahwa selama ini juga cukup banyak relawan yang dikirim oleh Pemerintahan Bondowoso di lokasi.

Disinggung tentang pemulihan pasca Erupsi, kata wanita akrab disapa Indah ini, pihaknya saat ini sedang fokus untuk persiapan pembangunan hunian sementara bagi 2.900 masyarakat.

“Kami sedang fokus persiapan untuk pembangunan hunian sementara bagi 2.900 masyarakat,” ujarnya.

Ia menyebutkan bahwa kini masyarakat pengungsi dalam kondisi baik. Bahkan, di setiap pos-pos pengungsi telah disiapkan layanan medis, dan trauma healing untuk anak-anak dan orang tua.

“Jadi kondisi mereka traumanya sudah berangsur  pulih, mudah-mudahan mereka semakin diberikan sabar dan kuat,” pungkasnya.

Sejumlah kepala organisme perangkat daerah (OPD) dari Bondowoso. Seperti, Kepala Dinas PUPR Munandar, Kepala DPMD Haeriyah Yuliati, Kepala DPMPTSP dan Ketenagakerjaan Nunung Setyaningsih, Kepala Bagian Ekonomi Rahmatullah, Plt Kesra Mufid, Asisten 1 Mahfud Sunardji, Kasatpol PP Selamet Yantoko, serta sejumlah pejabat eselon II dan III.

Pos terkait

banner 768x1152