Dinas Dukcapil Lebong Sosialisasi Tertib Adminduk

Kepala Dispendukcapil Kabupaten Lebong, Eva Mardiana, saat membuka agenda Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan, Kamis (23/12/2021) | Foto: Harlis
Kepala Dispendukcapil Kabupaten Lebong, Eva Mardiana, saat membuka agenda Sosialisasi Kebijakan Administrasi Kependudukan, Kamis (23/12/2021) | Foto: Harlis
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-LEBONG – Pemerintah Kabupaten Lebong melalui Dinas Kependudukan dan Pencatatan Sipil (Dukcapil) melaksanakan sosialisasi kebijakan administrasi kependudukan dan pencatatan sipil kepada Kepala Desa, Kelurahan, KUA dan Kecamatan se-Kabupaten Lebong.

Tujuan sosialisasi tak lain untuk meningkatkan pemahaman arti pentingnya administrasi kependudukan dan pencatatan sipil dan juga memberikan pemahaman peningkatan wawasan tentang tertib administrasi kependudukan

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Meski Tak Dapat Perhatian, Atlet Hadang Bondowoso Raih Emas Di level Jatim
banner 1024x1366

Kepala Dinas Pendudukan dan Pencatatan Sipil Lebong, Eva Mardiana, mengatakan,”kegiatan sosialisasi kependudukan kita berharap semua desa melaksanakan tertib administrasi umum kesadaran terhadap pemutakhiran data administrasi kependudukan.”

Kemudian dari teknis pelayanan kependudukan di Kabupaten Lebong telah siap meningkatkan pelayanan serta ke depan menjadi lebih meningkat lagi.

“Baik kinerja serta meningkatkan upaya bekerja sama,” imbuhnya.

Sejalan dengan itu, Dinas Pencatatan Sipil Provinsi Bengkulu, selaku Pemateri, M. Ikhwan, menjelaskan,”kami dari jajaran dinas Dukcapil Provinsi Bengkulu setiap saat setiap waktu selalu melakukan kegiatan sosialisasi dengan dokumen kependudukan.”

Berita Menarik Lainnya:  Pengerjaan Proyek Jembatan Ploso Jombang Capai 50 Persen

Ditambahkannya lagi, dengan Dinas Dukcapil Kabupaten Lebong bersama meningkatkan pemahaman kepada masyarakat menyelesaikan terkait permasalahan administrasi data.

Sekadar diketahui, setelah mengikuti kegiatan sosialisasi diharapkan memahami, tertib Database Kependudukan, tertib Penerbitan NIK, tertib Dokumen Kependudukan (KK, KTP, Akta Pencatatan Sipil)

Dalam sosialisasi tersebut dijelaskan tentang ruang lingkup administrasi kependudukan meliputi pencatatan sipil dan pendaftaran penduduk.

Termasuk pencatatan sipil berupa pencatatan kelahiran, perkawinan, perceraian, kematian, perubahan nama dan perubahan status kewarganegaraan, peristiwa penting lainnya dan pelaporan penduduk yang tidak bisa melapor sendiri.

Berita Menarik Lainnya:  Posko Wisata Sehat Sediakan Barcode PeduliLindungi Bagi Pengunjung Pantai Ngebum

Pemahaman dalam sosialisasi tersebut meliputi, pencatatan atas pelaporan peristiwa kependudukan, antara lain: penerbitan NIK, perubahan alamat, pindah datang dalam wilayah Indonesia, pindah datang antar Negara, penduduk pelintas batas,dan pendataan penduduk rentan adminduk.

Selanjutnya juga terkait pelaporan penduduk yang tidak mampu melapor sendiri, pencatatan biodata penduduk per keluarga dan perekaman sidik jari, iris mata (biometric).

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280