BPCB Jatim Belum Temukan Pagar Keliling Situs Sumberbeji Jombang

Proses eksvakasi situs Sumberbeji
Keterangan foto : Proses eksvakasi situs Sumberbeji
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Jombang – Meskipun tahap empat proses Eksvakasi Situs Petirtaan Sumberbeji di Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro sudah rampung, namun, target awal menemukan pagar keliling area situs belum ditemukan.

Selama 10 hari proses eksvakasi tahap empat kemarin, target yang disasar untuk ditemukan Balai Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur ialah pagar keliling yang diyakini ada di sekitar situs.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Duh, Ada Demo Ngadu ke Wapres, Kenapa DPO Pencabulan Kebal Hukum
banner 1024x1366

Arkelolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, situs yang pertama kali ditemukan pada tahun 2019 ini dipercaya tidak berdiri sendiri, alias ada komponen lain yang belum ditemukan.

“Situs ini tidak berdiri sendiri, dugaan kami ada pagar pembatas serta komponen lainnya seperti bale-bale,” ucapanya saat dikonfimasi wartawan pada Selasa (31/8/2021).

Meskipun proses penggalian sudah dilakukan selama 10 hari, pihaknya masih belum menemukan pagar pembatas yang diduga mengelilingi situs tersebut. Ia melanjutkan, situs pra sejarah ini mempunyai tipe bangunan Batur pada bagian tengah.

Berita Menarik Lainnya:  Lakukan Ekskavasi, BPCB Jatim Target Bentuk Denah Situs Watukucur

Dugaannya, dititik itu terdapat sebuah menara yang cocok dengan konspe Samudra Mantana.

“Kenapa begitu. Karena sebelumnya ditemukan arca Garuda dengan badan manusia. Itu sesuai dengan konsep Samudra Mantana yang hubungannya dengan perlambangan Garuda sangat erat, sebagai pencarian air suci amerta,” jelasnya.

Walaupun pagar pembatas belum ditemukan, menurutnya, penampakan bangunan bersejarah ini sudah 90 persen. Pada proses eksvakasi kemarin, bukannya tanpa hasil. Beberapa temuan baru telah didapatkan.

“Kita menemukan temuan berupa saluran air masuk dan keluar,” katanya.

Selain itu, pihaknya juga menemukan beberapa temuan lain yakni struktur bata tiga lapis, dengan panjang 120 sentimeter di sisi barat. BPCB juga menemukan struktur bata tiga lapis sepanjang 120 sentimeter di sisi barat. Ditemukan dua arca jaladwara.

Berita Menarik Lainnya:  Jelang Paskah, Polres Bondowoso Perketat Keamanan di Gereja

Lebih lanjut, Ia juga menyebut, situs Sumberbeji ini merupakan bangunan suci dari masa Kerajaan Kadiri hingga Kerajaan Majapahit. Selama masa itu ia menduga situs Sumberbeji sudah mengalami beberapa perubahan.

“Penemuan 14 jaladwara atau pancuran air yang kita temukan di Sumberbeji, tidak semua seragam. Berbeda dengan di Candi Tikus, Petirtaan Brumbung di Kediri, Pertirtaan Dewi Sri di Magetan, semua seragam,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280