Lumajang Sudah Punya Ratusan Kampung Tematik

Lumajang Sudah Punya Ratusan Kampung Tematik
Inisiator Kampung Tematik Di Kabupaten Lumajang
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-LUMAJANG – Dr Eko Romadhon, inisiator Kampung Tematik Indonesia (KTI) sangat getol melakukan pembentukan KTI di Lumajang dari kampung ke kampung.

“SDM ini yang menjadi kunci utama dalam membentuk KTI ini, dan kemampuan akan mengikuti dengan sendirinya,” ungkapnya.

Bacaan Lainnya

Dalam mengembangkan kampung tematik ini, kata Eko, nantinya dapat mendorong potensi wilayah sekitarnya khususnya dari sisi wisata.

Misalkan bertemakan wisata, alam, batik, kuliner khusus, kerajinan, dan lain sebagainya. Namun kampung tematik ini harus mengajak masyarakatnya untuk sama-sama mengembangkan konsep tema yang saling mendukung terhadap tema kampung yang disepakati bersama warganya.

Ads

“Seperti di RW 05 Kelurahan Ditotrunan, kami kembangkan wisata kampung tematik keramba, ada juga di kampung lainnya semacam itu,” jelasnya lagi.

Berita Menarik Lainnya:  Pengangkatan PNS Oleh Bupati Asahan, Sekaligus Diambil Sumpahnya

Kampung Sirih RW 01 dan Kampung Lempeni RW 02, yang keduanya ada di Kelurahan Ditotrunan, Kecamatan Lumajang.

Ads

“Di kampung keramba saya ciptakan juga spot foto bagi para pengunjung, dan edukasi bagi anak sekolah,” tambahnya.

Edukasi yang diberikan, menurut Rektor Universitas Lumajang ini, anak-anak bisa berjalan bagaimana cara membuat biopori, berternak ikan air tawar dalam keramba dan lainnya.

“Di luar Kelurahan Ditotrunan juga ada Kampung Jambu di Kelurahan Jogoyudan, dan kelurahan lainnya,” imbuh mantan Ketua Dewan Pendidikan Kabupaten Lumajang 2 periode ini.

“Ke depan, kami membutuhkan kader relawan KTI, agar lebih dapat terbentuk banyak lagi KTI lainnya di Kabupaten Lumajang,” pungkasnya.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800