Gebyar Tarhib Ramadan, TPQ Al- Haq Bina Generasi Cinta Alquran

Gebyar Tarhib Ramadan, TPQ Al- Haq Bina Generasi Cinta Qur'an
Ustadz Marzuki Imron (Ustadz Naruto) bersama juara lomba
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Pembinaan karakter anak usia dini di era milenial sangat penting untuk membendung budaya luar yang semakin mengikis budaya timur. Hal itulah membuat Taman Pendidikan Qur’an (TPQ) Al- Haq mengadakan berbagai lomba menjelang bulan Ramadan Minggu (27/03/2022), start pukul 08.00 WIB hingga selesai di Masjid Al-Haq, di Rungkut Permai, Rungkut Mapan Barat, Surabaya.

Mengusung tema gebyar Tarhib Ramadan 1443, lomba diawali dengan sambutan Ustaz Hariri, yang diisi dengan permainan tebak-tebakan seputar lomba dan tauhid dasar, semisal rukun Islam dan rukun Iman, bagi yang bisa menjawab, Ustaz Hariri akan memberikan bingkisan.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Ketua LPM Suramadu Sebut Tawuran Anak Muda Akibat Medsos

Menurut Ketua Panitia, Ustaz Isal Izzudin, acara ini digelar agar anak-anak ini cinta Masjid dan kembali ke Masjid, hingga nanti ketika Ramadan, anak-anak ini bisa meramaikan Masjid.

Gelar acara ini menurutnya, merupakan gelar awal, saat bulan Ramadan nanti, pihaknya akan mengadakan lomba lanjutan untuk meramaikan suasana Ramadan.

“Dengan tema ini, kita ingin anak-anak ini bisa semangat lagi ke Masjid,” papar Isal Izzudin pada Beritabangsa.com.

Lomba diawali dengan lomba mewarnai, dengan kriteria penilaian menurut Ustaz Fajar, meliputi, tingkat imajinasi, improvisasi dan kreativitas masing-masing anak.

Ads

Keseruan lomba berlanjut pada lomba azan dan hafalan surat-surat pendek, di lomba ini sebagian anak-anak didik TPQ Al-Haq menunjukkan kemampuannya dalam menirukan irama azan.

Berita Menarik Lainnya:  Pengunggah Video Bendera Putih di Ampel Minta Maaf

Muhammad Farand Damita, siswa SMP kelas 1, salah satu peserta lomba azan mengaku bergembira karena selama ini ia merasa bosan di rumah tidak ada kegiatan, makan dengan ada lomba azan ini ia bisa berkumpul dengan teman-temannya.

“Pengennya rame-rame seperti ini, enak seru,” ungkap Farand.

Lain halnya dengan Khatrinza Reiko Elisia yang akrab dipanggil Rere ini, ia mengikuti 2 lomba sekaligus yaitu lomba mewarnai dan lomba menghafal surat-surat pendek.

Ads

Rere menyatakan dengan ikut lomba ia bisa menghafal surat-surat pendek, seperti surat An-Nas dan Al-Falaq, serta beberapa surat pendek lainnya.

Dari pantauan Beritabangsa.com, rerata peserta lomba menguasai materi yang dilombakan, dengan kurun waktu yang disediakan oleh panitia sekitar 2 Minggu, untuk mempersiapkan diri.

Berita Menarik Lainnya:  Bentuk Karakter Anak Cinta Alquran, Masjid Al-Haq Gelar Pondok Ramadan

Hal ini menunjukkan, tingkat keinginan dari peserta lomba tinggi. Juga dukungan dari orang tua yang selalu menemani anaknya ke arah yang positif.

“Saya sangat senang dengan lomba yang diadakan ini,” ujar Ibu Reihan.

Orang tua dari Reihan ini berharap, agar lomba serupa bisa diadakan lagi, lebih-lebih di bulan Ramadan, sehingga anaknya bisa lebih banyak lagi menghafal surat-surat dalam Alquran.

Harapan dari panitia, dengan adanya lomba ini, anak-anak bisa lebih mencintai masjid dan menghidupkan masjid, lebih dari itu diharapkan minat anak-anak untuk membaca Alquran meningkat, sehingga ke depan Masjid Al-Hal bisa mencetak hafiz dan hafizah berkelas Internasional.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800