Aksi Bakar Rumah di Jember Dipicu Seteru Batas Kebun Kopi, 1 Diringkus

Bangunan
Salah satu sudut bangunan rumah warga yang dibakar OTK
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JEMBER- Aksi pembakaran rumah yang dilakukan puluhan orang tak dikenal, menyasar rumah warga Dusun Baban Timur Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Jember dipicu oleh perselisihan batas kebun kopi.

Ads

Desa Mulyorejo Jember adalah kawasan pegunungan yang sejak lama menjadi lahan perkebunan kopi. Daerah tersebut berbatasan langsung dengan Desa/Kecamatan Kalibaru, Kabupaten Banyuwangi yang juga merupakan lahan perkebunan kopi.

Bacaan Lainnya

Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo menyampaikan, pihaknya telah menangkap satu orang tersangka, namun ia belum mengungkap jelas identitas tersangka tersebut.

Lebih lanjut, AKBP Hery mengatakan teror pembakaran dan pengrusakan rumah tersebut diakibatkan konflik batas wilayah kebun kopi.

“Akibat konflik batas kebun kopi di Silo dan Kalibaru tersebut, kelompok warga merasa kopinya diambil kelompok lainnya,” kata Kapolres Jember Hery Purnomo.

Hery juga menyampaikan, masalah ini adalah hasil akumulasi kekesalan salah satu kelompok petani kopi dan akhirnya meledak hingga terjadilah aksi tersebut.

Konflik perselisihan tersebut telah lama berlangsung dan tidak dilaporkan kepada pemerintah maupun kepolisian.

Diberitakan sebelumnya, aksi perusakan dan pembakaran sejumlah rumah di Dusun Baban Timur, Desa Mulyorejo Kecamatan Silo Jember mengakibatkan 4 rumah dan puluhan kendaraan warga ludes terbakar.

Aksi tersebut dilakukan puluhan orang tak dikenal pada dini hari saat warga terlelap tidur.

Selain membakar dan merusak rumah warga, puluhan OTK menjarah uang warga sejumlah ratusan juta rupiah hasil dari penjualan kopi.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

Pos terkait

banner 768x1152