10 Hari Eksvakasi Situs Sumberbeji Temukan Arca Baru

Proses eksvakasi situs Petirtaan Sumberbeji Ngoro Jombang
Keterangan foto : Proses eksvakasi situs Petirtaan Sumberbeji Ngoro Jombang
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Jombang – Proses Eksvakasi Situs Petirtaan Sumberbeji tahap keempat selesai, Badan Pelestarian Cagar Budaya (BPCB) Jawa Timur temukan struktur bata tiga lapis.

Tahap empat proses eksvakasi di situs yang berletak di Dusun Sumberbeji, Desa Kesamben, Kecamatan Ngoro, Kabupaten Jombang, ini selesai pada Sabtu (28/8/2021) lalu.

Bacaan Lainnya

Selama 10 hari proses penggalian ini, pihak BPCB menemukan beberapa temuan baru yakni struktur bata tiga lapis, dengan panjang 120 sentimeter di sisi barat. Selain itu juga ditemukan saluran air masuk dan air keluar.

Berita Menarik Lainnya:  BLUD Lanto Dg. Pasewang Sambut HKN ke 57 Dengan Lomba Cuci Tangan

Arkeolog BPCB Jatim, Wicaksono Dwi Nugroho mengatakan, Ekskavasi tahap empat ini, BPCB juga menemukan struktur bata tiga lapis sepanjang 120 sentimeter di sisi barat. Ditemukan dua arca jaladwara.

Lebih lanjut dirinya juga menyebut, situs Sumberbeji ini merupakan bangunan suci dari masa Kerajaan Kediri hingga Kerajaan Majapahit. Selama masa itu ia menduga situs Sumberbeji sudah mengalami beberapa perubahan.

Berita Menarik Lainnya:  Pada Harlah PMII Ke-61, Gus Ibin : Mari Jadikan Organisasi ini Sebagai Fa’il Bagi Kemajuan Bangsa

“Penemuan 14 jaladwara atau pancuran air yang kita temukan di Sumberbeji, tidak semua seragam. Berbeda dengan di Candi Tikus, Petirtaan Brumbung di Kediri, Pertirtaan Dewi Sri di Magetan, semua seragam,” ucapnya pada Senin (30/8/2021).

Sebelumnya BPCB Jatim sudah melakukan eksvakasi pada 8-18 September 2019. Beberapa bagian bentuk bangunan juga sudah mulai terlihat jelas. Pengukuran yang dilakukan oleh tim BPCB Jatim, bangunan kuno bersejarah ini memiliki luas 18 x 20 meter.

“Sementara di tengah bangunan terdapat bangunan persegi, yang masing-masing ukuran sisinya 3,8 meter,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  Galakkan Perlindungan Konsumen, Kemendag Ungkap 31.553  Depot Air Minum Tidak Higienis 

Proses eksvakasi pertama, beberapa arca jaladwara sudah ditemukan dan saat ini disimpan BPCB Jawa Timur, termasuk arca kepala naga dan arca burung garuda

Kemudian ditemukan kembali, empat arca jaladwara berkepala garuda, serta temuan diduga tengkorak manusia. Hingga kini total sudah ada 11 arca jaladwara yang ditemukan selama penggalian atau ekskavasi tahap satu dan dua, serta kerangka yang diduga tengkorak manusia.

Dari pantauan, lokasi situs dipenuhi air dan beberapa warga terlihat sedang membuang air di lokasi situs dengan menggunakan mesin disel.

banner 600x310
banner 1024x1280