Manfaat Transformasi Teknologi dalam Dunia Pendidikan

Untung Wahyudi

oleh: Untung Wahyudi (*)

Untuk mewujudkan pendidikan yang selalu relevan dengan kebutuhan zaman, maka transformasi adalah sebuah niscaya yang lazim dilakukan seiring dengan perkembangan dan kemajuan zaman.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Dunia pendidikan harus bisa mengikuti arus digitalisasi yang saat ini sedang terjadi. Sekolah dan perguruan tinggi harus bisa beradaptasi dengan semua kecanggihan yang ada agar bisa bersaing menghadapi era global.

Bagaimana dengan perkembangan pendidikan kita?

Mampukah bersaing dan beradaptasi dengan perubahan zaman yang begitu canggih dan menuntut semua pemangku kebijakan untuk saling mendukung demi terciptanya tujuan pendidikan?

Berita Menarik Lainnya:  Anggota DPRD Sampang Hadiri Pelantikan Kartar The Brilliant, Begini Pesannya

Apa yang perlu dilakukan untuk mewujudkan pendidikan yang berkeadilan dan berkemajuan?

Salah satu bentuk transformasi teknologi yang dikembangkan saat ini adalah dengan adanya digitalisasi dalam dunia pendidikan.

Berbagai perangkat dan platform pendidikan sudah diluncurkan untuk menfasilitasi segala kebutuhan pembelajaran.

Salah satu contoh adalah platform Merdeka Mengajar yang begitu terasa manfaatnya bagi para pendidik.

Dengan platform tersebut, para guru bisa dengan mudah mengakses berbagai perangkat pembelajaran, berbagi informasi dengan sesama guru, dan saling memberikan apresiasi atas kinerja yang telah dilakukan.

Dikutip dari laman pintek.id, pengaplikasian teknologi dalam sistem pendidikan membutuhkan kurikulum, guru berkompeten, dan infrastruktur pendukung. Semua itu harus bisa kerkesinambungan agar tujuan transformasi dalam sistem pendidikan bisa tercapai dengan baik.

Berita Menarik Lainnya:  Apes, Korban Penipuan, Erik Malah Dapat Ujaran Kebencian

Karena itu, pihak institusi pendidikan harus bisa melakukan berbagai perencanaan terkait transformasi teknologi yang sudah menjadi kebutuhan dalam sistem pendidikan.

Hal ini senada dengan apa yang disampaikan Mendikbudristek Nadiem Makarim. Menurutnya, setiap guru harus bisa melek teknologi sehingga mampu mengoperasikan segala hal yang berhubungan dengan digitalisasi dalam dunia pendidikan.

Guru yang melek teknologi akan senantiasa beradaptasi dengan segala sesuatu yang berhubungan dengan transformasi digital saat ini.

Untuk mewujudkan sistem pendidikan yang selalu up to date dengan kebutuhan zaman, maka para pemangku kebijakan harus bisa menyiapkan segala sesuatu, terutama SDM guru yang mumpuni dan bisa menjadikan transformasi teknologi sebagai media untuk memajukan pendidikan di Tanah Air.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati Bondowoso Dimintai Keterangan Polisi

Pelatihan dunia digital penerapan pembelajaran berbasis digital memang masih terbilang baru di dalam sistem pendidikan kita. Penerapan pembelajaran daring karena pandemi menjadi salah satu tujuan agar pendidikan dan pembelajaran tetap berlangsung. Tak heran jika banyak guru yang masih belum bisa menguasai teknologi dan tetap melaksanakan pembelajaran secara luring.

Melalui pelatihan tentang metode pembelajaran digital, guru bisa diajari bagaimana penggunaan berbagai aplikasi seperti penilaian, penguasaan aplikasi penunjang, penggunaan media ajar, memaksimalkan fungsi internet, mengoptimalkan source digital, dan pelatihan lain demi pengembangan SDM guru.

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *