Dorong Khofifah Wujudkan ISP (Islamic Science Park) di Madura

Keterangan foto: Peneliti Senior Surabaya Survey Center Surokim Abdus Salam.
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com – Kontestasi kepala daerah 2024 tak akan lama lagi. Kepala daerah incumbent memiliki tantangan yang jelas tidak mudah dalam kontestasi mendatang.

Bagaimanapun kepemimpinan Jawa Timur butuh legacy yang mudah diingat masyarakat.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Menurut saya legacy berdimensi techno populism penting untuk diwujudkan sebagai salah bentuk peninggalan material mercusuar yang bisa dengan mudah diingat oleh masyarakat.

Salah satu yang bisa didorong adalah dengan merealisasikan terwujudnya Islamic Science Park di Madura.

Berita Menarik Lainnya:  Meningkatnya Kasus Covid-19 di Madura, Pemdes Pajeruan Lakukan Vaksinasi Massal

Jika ini bisa diwujudkan maka akan memiliki dampak kuat tidak saja secara simbolik, tetapi juga faktual bagi peningkatan elektabilitas Bu Gubernur. Apalagi seingat saya itu juga termasuk program yang dijanjikan Bu Gubernur.
Legacy itu jelas akan lebih mudah diingat, apalagi jika dibangun di area pintu gerbang Suramadu dan terhubung serta terkoneksi dengan kompleks area pesarean Syaichona Cholil sebagai salah satu destinasi pusat wisata religi Madura.

Keterangan foto: Ilustrasi Islamic Science Park (ISP) di Madura.

Saya pikir itu akan punya efek signifikan bagi pembentukan simbolik power bu gubernur dan potensial mematik dukungan arus bawah dan para kiai sehingga bisa menjadi modal kuat utk kontestasi 2024. Siapa saja yang masuk dan keluar kawasan Madura akan selalu ingat jika ada ISP”
Sebagaimana kita tahu keberadaan ISP ini bisa menjadi sarana memelihara dan simbol religiusitas masyarakat Madura dan juga menjadi bentuk pengakuan akan pentinnya Madura sebagai salah satu pusat peradaban Islam di Jawa.

Berita Menarik Lainnya:  Khofifah Gandeng Bank Jerman Bikin Jalur Kereta Api di Gerbangkertosusila

ISP jelas akan punya efek multidimensi tidak saja bagi pengembangan kultur masyarakat Madura yang relegius, tetapi juga bisa mematik tumbuhnya pembangunan ekonomi masyarakat Madura, seperti ekonomi syariah, pusat halal, dan edukasi islam.

Saya pikir itu akan punya impact multidimensi tidak saja ekonomi, tetapi juga sosial, politik, pendidikan dan budaya masyarakat Madura.
Selama ini pembangunan Madura mungkin dianggap kurang visioner dan progresif. Jadi dengan mewujudkan ISP ini Bu Gubernur akan bisa mematik semangat masyarakat Madura di dalam membangun lebih progresif dan akseleratif.
Saya pikir ISP sangat strategis dan memiliki daya impact cukup kuat di 2024.

Berita Menarik Lainnya:  Pakar Unair Kritik Pedas Pejabat Manfaatkan Prestasi Greysia - Apriani Jadi Ajang Pansos

oleh : Surokim Abdus Salam (*)

(*) Penulis adalah Dekan FISIB Universitas Trunojoyo Madura, dan
Peneliti Senior Surabaya Survey Center

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280