Cara Hidup Hemat Ala Anak Kost yang Bisa Dicoba

Mie Instan
Makanan Mie Instan ala anak kos
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM Masalah keuangan terkadang menjadi hal yang sepele dan bahkan bisa menjadi suatu hal yang besar. Memang dalam sehari-hari kita tidak terlepas dengan pengeluaran yang pasti akan berhubungan dengan terkait keuangan.

Oleh sebab itu, Keuangan perlu juga diatur dan hal itu merupakan tantangan tersendiri bagi kita semua. Jika tidak bisa mengatur untuk berhemat bisa berujung kehabisan sebelum waktunya, tentunya akan menjadi terbengkalai.

Bacaan Lainnya

Apalagi jika kamu masih berstatus seorang pelajar maupun mahasiswa yang mencari ilmu, yang bisa dikatakan belum memiliki penghasilan tetap bahkan terkadang murni mendapatkan dari orang tua. Apalagi jika harga makanan pokok maupun kebutuhan sehari-hari ternyata mengalami harga naik lebih mahal dibandingkan harga di daerah asal tempat tinggal asal. Maka dari itu berikut kami sampaikan cara hidup hemat ala anak kost agar tetap sejahtera :

Berita Menarik Lainnya:  Anggota Dewan Pers Datangi Kantor Media Cyber Beritabangsa.com

A. Bikin List Pengeluaran Bulanan

Setelah mendapatkan penghasilan uang bulanan baik dari gajian atau memperoleh dari orang tua. Cobalah untuk membuat anggaran dana kebutuhan-kebutuhan selama sebulan mendatang. Selain menyusun anggaran juga cobalah mencatat pengeluaran juga agar bisa membantu mengontrol keuangan yang ada.

Hal ini perlu dicoba meskipun pada kenyataannya mengalami perubahan yang signifikan dan hal itu bisa dievaluasi lalu perbaiki, evaluasi lagi lalu perbaiki terus begitu. Minimal ada catatan sebagai bahan dasar sebelum membelanjakan kebutuhan di setiap bulannya

B. Memasak Makanan Sendiri

Kebiasaan membeli makanan diluar sebenarnya bisa menjadi hal yang membuatmu lebih boros. Oleh Sebab itu, membeli langsung bahan masak dan mengolahnya sendiri akan membuat kita menjadi lebih hemat. Selain itu, masakan sendiri juga bisa lebih terjamin kebersihan dan kandungan gizi yang ada pada makanan.

Hal ini bisa menjadikan kita juga semakin terlatih mandiri meskipun terlepas banyak cara untuk melatih menjadi mandiri.

Berita Menarik Lainnya:  Optimalisasi Kinerja, BUMDes Kedungturi Studi Banding ke Gianyar Bali

C. Membawa Bekal dari Rumah

Jika sudah memasak sendiri dalam sehari-hari, Maka tidak ada salahnya untuk mencoba membawa bekal sendiri ketika berpergian ke tempat kerja maupun ketika pergi ke kampus. Dengan demikian, pengeluaran yang ada bisa menjadi lebih terkontrol saat jam senggang atau jam istirahat. Juga bisa dengan membawa bekal minuman kemanapun kalian akan pergi juga bisa menghemat pengeluaran yang ada.

D. Mencuci Pakaian Sendiri

Salah satu cara menghemat biasanya anak kos akan mencuci pakaiannya sendiri tanpa mengandalkan jasa laundry, Maka hal itu menjadi hal biasa untuk menjadi hidup lebih mandiri. Jika dihitung memang terkadang sekali laundry terkadang terlihat kecil namun apabila dikali kan selama 12 bulan akan menjadi hal yang besar

E. Memanfaatkan Angkutan Umum

Pengeluaran untuk transport ketempat tujuan baik ke kampus maupun ke tempat kerja juga bisa menjadi hal yang diperhitungkan karena akan berdampak lebih kepada pengeluaran bulanan. Menggunakan angkutan kota salah satu solutifnya meskipun bukan 100 persen menjadi solusi minimal bisa mengendalikan pengeluaran. Pulang pergi langsung ke tempat tujuan tidak berhenti kemana-mana kecuali hal yang penting.

Berita Menarik Lainnya:  Terkait Kurikulum Merdeka, Kadisdik Malang Tunggu Pasca Sosialisasi

F. Prioritaskan Kebutuhan Utama yang di Butuhkan

Dalam membelanjakan pengeluaran belajar lah fokus kepada pengeluaran yang paling penting dan yang dibutuhkan saat itu atau yang dibutuhkan pada beberapa hari ke depan. Dengan demikian, pengeluaran akan tetap aman hingga pada waktunya.

Oleh sebab itu, tahan godaan untuk mengeluarkan uang untuk hal yang tidak terlalu dibutuhkan.serta Coba berfikir dengan logis dan belajar dengan mengenyampingkan gengsi yang ada sehingga pengeluaran yang ada berdasarkan kebutuhan bukan berdasarkan gengsi dengan keadaan yang lain.

Meski demikian apabila ada hal yang mendesak untu dibutuhkan mengeluarkan uang yang ada harus dilakukan agar keberlangsungan berjalan dan jangan lupa bersedekah dari sebagian harta yang ada agar apa yang dimiliki kita menjadi berkah. Semoga bermanfaat.

*) M. Hisam – Reporter Beritabangsa.com

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280