Anggota Dewan Pers Datangi Kantor Media Cyber Beritabangsa.com

Keterangan foto: Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers, Ahmad Djauhar memberikan buku 'Buku Saku Wartawan' kepada pemred media Beritabangsa.com, Isma Hakim ditemani chief executive officer (CEO) Media Cyber Beritabangsa.com, Moch. Atha'iliah Ibnu Salim. | Foto: Ali Wafa
Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – Anggota Dewan Pers, Ahmad Djauhar, mendatangi Kantor Media Cyber Beritabangsa.com, Jumat (3/12/2021).

Didampingi seorang stafnya, Ketua Komisi Penelitian, Pendataan dan Ratifikasi Pers Dewan Pers ini disambut Chief Executive Officer (CEO) Media Cyber Beritabangsa.com, Moch. Atha’iliah Ibnu Salim.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Hadir pula Pemimpin Redaksi – Isma Hakim Rahmat, dan segenap awak Redaksi di Kantor Jalan Irawati 7A, Kota Surabaya.

Ahmad Djauhar, selain menjalankan tugas dari Dewan Pers untuk mengecek langsung keberadaan Kantor Media Cyber Beritabangsa.com, juga memberikan arahan – arahan agar media cyber ini tampil berkualitas sesuai fungsi pers.

Dalam arahan singkatnya, Ahmad Djauhar menekankan pemilihan judul berita, topik berita dan memperhatikan hal penting terkait caption foto atau credit title sebagai bentuk penghargaan Redaksi kepada wartawannya di lapangan.

Selain itu, pria yang juga sering menjadi penguji dalam Uji Kompetensi Wartawan (UKW) ini menekankan adanya rapat redaksi di sebuah media, dan sejauh mana Redaksi memberikan pendidikan jurnalistik berkala serta menyosialisasikan Kode Etik Jurnalistik (KEJ) kepada wartawannya secara intensif.

Berita Menarik Lainnya:  Menilik Kisah Jejak PKI di Kota Santri

“Jangan sampai tidak ada kontrol sama sekali dari Pemimpin Redaksi kepada wartawan yang ada di lapangan, karena pemberitaan itu harus bisa dipertanggungjawabkan, tidak asal copy paste atau ‘spanyol’ (separuh nyolong,red Jawa) yang berarti plagiarisme,” tegas Ahmad Djauhar, pria asal Yogjakarta ini.

Dewan Pers kata Ahmad Djauhar tidak mengingikan media cyber seperti Beritabangsa.com ini, kemudian malah menjadi media abal – abal yang kualitas berita dan Sumber Daya Manusia (SDM) nya tidak memahami Kode Etik Jurnalistik.

Terakhir, Djauhar menekankan pentingnya media Cyber Beritabangsa.com ini benar – benar menjalankan fungsinya sebagai pers sesuai Undang – undang no 40 tahun 1999, pasal 2 butir 1 dan 2, di antaranya; menjadi media informasi kepada publik secara verifikatif, pendidikan, hiburan, kontrol sosial dan sebagai lembaga ekonomi.

“Sehingga media ini benar – benar menerapkan fungsi media, menjalankan Visi dan Misi yang ditetapkan. Saya baca tadi bervisi edukatif, informatif dan menjadi rujukan informasi bagi masyarakat, sudah bagus visi – misinya, its good ya,” ujarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Sudut Pandang Penyesuaian Harga BBM

Sebelum undur diri, Ahmad Djauhar juga menekankan bagaimana media ini bisa memberikan kesejahteraan bagi wartawannya, sebagai wujud apresiasi bagi wartawan di lapangan sehingga menghasilkan berita dan informasi yang berkualitas dan bisa dipertanggungjawabkan.

Keterangan foto: Ahmad Djauhar, Anggota Dewan Pers saat berdialog dengan crew media Beritabangsa.com. | Foto: Maab

Sementara itu, CEO Beritabangsa.com, Moch Athailiah Ibnu Salim, mengakui bahwa kehadiran Anggota Dewan Pers ke Kantor Redaksi Beritabangsa.com agenda utamanya adalah melanjutkan tahapan verifikasi media.

“Kita sudah terverifikasi administrasi di Dewan Pers, dan tahapan berikutnya Dewan Pers melakukan verifikasi faktual (verfak) keberadaan Media Cyber Beritabangsa.com, ini benar- benar eksis sesuai data administrasi yang kita upload sampaikan ke Dewan Pers,” ujarnya.

Di sini Athailiah selaku CEO Beritabangsa.com, menegaskan bahwa Media Cyber ini telah diakui Dewan Pers. Secara administrasi sudah selesai dan verifikasi faktual sudah dilakukan.

“Teman – teman wartawan di daerah patut bernafas lega dan gembira menyambut status Media Cyber kita ini Beritabangsa.com karena sudah sesuai UU Pers. Tidak ada kegamangan lagi dalam bekerja. Kita lebih bersemangat menjadikan media ini besar,” ujarnya.

“Kita menunggu hasil Verfak ini saja, teman teman harus lebih giat menjalankan tugas sebagai wartawan. Media kita sudah tidak ada kata ditolak untuk sinergi dengan siapapun,” tegasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Namanya Terdata, Tapi Warga Miskin di Jombang Ini Tak Dapat Bantuan

Di tempat yang sama, Pemimpin Redaksi Beritabangsa.com, Isma Hakim Rahmat, menyampaikan terimakasih kepada Dewan Pers yang telah datang ke Kantor Media ini, untuk verfak.

“Semua pesan dan arahan dari Dewan Pers tadi sangat positif dan membangun untuk kesempurnaan media ini. Point point penting arahan tadi akan segera kita jalankan, terutama pendidikan jurnalistik berkala, dan sosialisasi KEJ secara intensif ke seluruh wartawan dan redaksi,” ujarnya.

Isma Hakim, berharap Dewan Pers juga segera memproses hasil verfak media ini sehingga menjadi darah segar dan pemacu semangat menjalankan tugas pers.

“Alhamdulillah..ini adalah hari paling bersejarah bagi Media Cyber Beritabangsa.com, telah diverfak oleh Dewan Pers. Dari sini tadi kita lihat teman – teman tambah semangat untuk memberikan kontribusi terbaik bagi bangsa,” tukasnya.

Selanjutnya, Ahmad Djauhar secara simbolik menyerahkan berkas pemeriksaan perusahaan Pers kepada CEO Beritabangsa.com dan memberikan amanah Buku Saku Wartawan untuk disosialisasikan kepada awak media ini secara intensif ke depannya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280