Wujudkan Pulau Mandangin Bebas Sampah, Seluruh Banom NU Bersihkan Sampah Anorganik

Beritabangsa.com, Sampang – Guna mewujudkan Pulau Mandangin bebas sampah, seluruh kader dari Banom NU Mandangin seperti GP Ansor, Banser, IPNU, bergerak bersama Pemerintah Desa (Pemdes) membersihkan sampah anorganik di sebelah timur bibir pantai Pulau Mandangin, Minggu (07/2/2021).

Ketua IPNU Mandangin, Ach. Faiq mengatakan bahwa kegiatan bersih-bersih lingkungan yang dilakukan setiap satu minggu itu, bertujuan untuk meminimalisir sampah yang berserakan di bibir pantai dan darat.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Tega, Ayah Tiri Cabuli Dua Anak Gadisnya
banner 1920x1080

“Kami akan terus bergerak bersama pihak terkait guna membantu pemerintah Desa dalam upaya mengurangi persoalan sampah di Pulau Mandangin,” ungkapnya.

Disampaikan, bahwa tumpukan sampah yang ada dibeberapa lokasi menjadi target selanjutnya, di sisi lain pihaknya juga melibatkan CV. MAPESA sebagai mitra mendaur ulang. Hal itu, kata Faiq, dianggap tepat sebagai langkah awal terciptanya lingkungan hidup yang indah dan bersih.

“Titik awal target kami di sepanjang pantai sebelah timur, selanjutnya akan menyisir ke lokasi yang lain,” jelas Faiq.

Hal senada juga disampaikan oleh Kasatkoryon Banser Mandangin, Agus Yanto, bahwa bersih-bersih sampah tersebut berangkat dari keresahan dan keinginan besar untuk membersihkan sampah yang ada di setiap tepi pantai.

Berita Menarik Lainnya:  Tak Diberikan Pengelolaan Limbah, Puluhan Warga Blokade Pintu Masuk PT. SAI

“Alasan kami melakukan ini, karena kami risih akibat banyaknya sampah yang berserakan di pantai dan di darat. Apalagi kurangnya kesadaran masyarakat terhadap kebersihan lingkungan,” tegasnya.

Lelaki yang akrab disapa Ndan Agus itu mengungkapkan bahwa, kalau sampah yang berada di pantai bukan sepenuhnya berasal dari sampah warga setempat, melainkan juga sampah kiriman dari daerah lain.

“Iya karena kepulauan, bisa juga sampah dari daerah lain terhanyut oleh ombak, sampah yang kita ambil hanya sampah anorganik saja, karena masih bisa di jual. Sedangkan sampah yang tidak laku, seperti kaca, kayu, kain, ban, daun, popok sementara kami bakar,” ungkapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolda Jateng Instruksikan Seluruh Jajarannya Untuk Tidak Mentolerir Pelaku Premanisme

Ia berharap dengan adanya gerakan bersih-bersih sampah setiap hari minggu itu menjadi pendorong, agar masyarakat tetap menjaga lingkungan hidup yang lebih indah dan bersih.

“Kami sangat berharap semua elemen masyarakat ikut andil menjaga kebersihan sampah, bergerak bersama menuju Mandangin bebas sampah nol persen,” harapnya.

Reporter : Ramli Muhammad
Publisher : Atho` Illah

banner 600x310
[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *