Terungkap Apa Itu Padepokan Tunggal Jati Nusantara

Proses evakuasi korban ritual berujung petaka di Pantai Payangan. (Foto: Istimewa)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JEMBER – Kepala Kepolisian Resort Jember Ajun Komisaris Besar Polisi, Hery Purnomo membeberkan motif ritual Padepokan Tunggal Jati Nusantara di bibir pantai, yang berujung tewasnya 11 orang pengikut aliran ini.

Sesuai keterangan sejumlah saksi, Kapolres Herry, menyampaikan bahwa padepokan Tunggal Jati Nusantara yang dipimpin oleh Nur Hasan warga Desa Dukuh Mencek, Kecamatan Sukorambi Jember ini merupakan aliran spritual.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  PBI Unusa Peroleh Dana Hibah Teknologi Asistif

“Pengikutnya itu latar belakangnya bermacam-macam, ada yang karena sakit disebabkan ilmu hitam, ada yang memiliki masalah keluarga, masalah ekonomi dan banyak lagi lainnya,” ungkap Kapolres Jember AKBP Hery Purnomo, Minggu (13/02/2022).

Sebagai guru spiritual, Nur Hasan mengaku bisa menyelesaikan segala permasalahan pengikutnya, melalui zikir dan kegiatan ritual yang salah satunya dilaksanakan di Pantai Payangan Minggu dini hari.

Berita Menarik Lainnya:  PAC GP Ansor Ketapang Juarai Turnamen Futsal Ansor 2022

Hery mempertegas, pengikut padepokan ini memiliki tujuan dan maksud yang berbeda-beda, namun disatukan melalui kegiatan zikir dan ritual agar apa yang menjadi keinginan masing-masing dapat terwujud.

Selain itu, Hery meluruskan bahwa kegiatan ritual tersebut merupakan ritual mandi di laut selatan dengan maksud menyucikan diri dan kemudian diharapkan mendapatkan berkah dari Ratu Pantai Selatan.

“Cara ritualnya itu sementara informasi yang kami dapatkan dari para saksi, mereka duduk bersila saling bergandengan tangan kuat, sambil memejamkan mata menghadap laut, posisinya di bibir pantai,” terangnya.

Berita Menarik Lainnya:  Ketua Golkar Jatim Sebut KIB Bisa Diteruskan ke Daerah

Untuk diketahui, Nur Hasan Ketua Padepokan Tunggal Jati Nusantara termasuk korban selamat yang saat ini masih dirawat di RSD dr Soebandi.

Nantinya usai dinyatakan membaik kondisinya, polisi akan segera memintai keterangan.

Sementara itu, Pantai Payangan merupakan pantai terbuka yang dikelola oleh masyarakat setempat. Tidak ada biaya karcis masuk ke pantai ini, hanya saja warga menyewakan tenda, tempat parkir dan membuka beberapa warung kuliner khas laut.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280