Wow, Perumda Delta Tirta Akan Disuntik 540 M, Paripurna DPRD Segera Digelar

Wow, Perumda Delta Tirta Disuntik 540 M, Paripurna DPRD Segera Digelar
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SIDOARJO – Wow, Panitia Khusus DPRD Sidoarjo menyetujui akan segera menyuntik Perusahaan Umum Daerah (Perumda) Delta Tirta Sidoarjo mencapai Rp540 miliar. Persetujuan dewan itu akan segera mem-paripurnakan rancangan peraturan daerah (Raperda).

“Insya Allah, rencananya minggu ini laporan awal pansus akan diparipurna,” kata Abdillah Nasih, Ketua Pansus Raperda Penyertaan Modal Perumda Delta Tirta Sidoarjo, Selasa (22/03/2022).

Bacaan Lainnya

Untuk saat ini lanjut Cak Nasik sapaan akrab Abdillah Nasih, masih proses pembahasan terkait beberapa hal, semisal cakupan, tingkat kehilangan air (TKA), pengembangan long storage dan pendapatan.

Berita Menarik Lainnya:  Demokrat Siap Perjuangkan Keluhan Masyarakat

Pembahasan mendalam Raperda penyertaan modal itu merupakan bentuk penyempurnaan rencana bisnis sebagai salah satu syarat penyertaan modal.

“Kita masih mendiskusikan beberapa item sebagai syarat persetujuan modal ditambah dalam renbis itu,” ungkapnya.

Sementara terkait nominal modal yang akan disuntikan, Cak Nasih, belum bisa merinci secara gamblang. Sebab hal itu masih dalam proses pembahasan.

“Terkait dengan nominal penyertaan modalnya, pansus belum memutuskan. Hanya saja pihak PDAM (Perumda Delta Tirta) menyampaikan kebutuhannya sekitar Rp540 miliar, tapi itu baru beberapa sumber,” pungkasnya.

Ads

Tanggapan Direktur Pelayanan Perumda Delta Tirta Sidoarjo

Pansus DPRD Sidoarjo tentang penyertaan modal Perumda Delta Tirta Sidoarjo menyebutkan kebutuhan modal perusahaan plat merah itu mencapai Rp540 miliar.

Berita Menarik Lainnya:  Menhan Serahkan Kunci dan Sertifikat Rumah Ahli Waris KRI Nanggala 402 Sidoarjo

Direktur Pelayanan Perumda Delta Tirta Sidoarjo Fatihul Faizun, menjelaskan sumber dari penyertaan modal itu tidak hanya dari APBD tapi juga dari APBN.

Penyertaan modal dimaksudkan untuk optimalisasi serapan umbulan guna peningkatan kualitas layanan air minum untuk masyarakat Sidoarjo.

Ads

“Kabupaten Sidoarjo mendapatkan kuota di tahun keempat (2024) sebesar 1.200 liter per detik (lps),” kata Direktur Pelayanan Perumda Delta Tirta Sidoarjo saat dikonfirmasi Beritabangsa.com, Selasa (22/3/2022).

Lebih lanjut, Fatihul Faizun menambahkan target serapan umbulan yang diberikan kepada Perumda Delta Tirta Sidoarjo itu kuotanya 2021: 200 lps, 2022: 500 lps, 2023: 800 lps dan 2024: 1.200 lps.

“Sehingga kalau tidak didukung dengan infrastruktur jaringan perpipaan yang memadai target tersebut akan berdampak buruk terhadap stabilitas pelayanan air minum yang dikelola,” jelasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Cegah Pelanggaran Anggota, Kabid Propam Polda Jatim Turba ke Polsek Jajaran

Dampak buruk yang dimaksud adalah naiknya air tak berekening (ATR) dan stabilitas keuangan di Perumda Delta Tirta Sidoarjo karena sistem pembayaran yang ditentukan oleh PT Air Bersih adalah take or pay.

“Memenuhi atau tidak atas serapan yang ditentukan Perumda delta Tirta harus membayar sesuai dengan kuota,” ujar Paijo panggilan karib Fatihul Faizun.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800