Wartawan Bojonegoro Bersatu Bekali Ilmu Hukum Anggota dan Para Kades

Wartawan Bojonegoro Bersatu Bekali Ilmu Hukum Anggota dan Para Kades
Suasana kegiatan workshop bertajuk 'Pembekalan Hukum Dalam Rangka Peringati HPN 2022.'
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BOJONEGORO – Wartawan Bojonegoro Bersatu (WBB) bekerja sama dengan Asosiasi Kepala Desa (AKD) dan Pengadilan Negeri (PN) Bojonegoro, membekali ilmu dan wawasan hukum kepada anggotanya dan seluruh Kepala Desa se Kabupaten Bojonegoro melalui workshop bertajuk ‘Pembekalan Hukum Dalam Rangka Peringati HPN 2022.’

Estafana Purwanto, SH, MH, Ketua Pengadilan Negeri Bojonegoro mengatakan kepala desa perlu dibekali dengan peraturan Undang-undang Desa dan peraturan pelaksanaan lain yang terkait, sehingga pemegang kebijakan di desa ini memahami acuan dan pedoman menjalankan roda pemerintahan desa.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Pemkab Bondowoso Sambut Asesor UGG, Perbaikan Jalan Prioritas di Wisata Ijen 
banner 1024x1366

“Untuk seluruh kepala desa, monggo kalau mau diskusi hukum sama kami (pengadilan), saya persilakan datang ke kantor,” ucapnya.

Hal senada ditegaskan Hakim Pengadilan Negeri Bojonegoro Sonny Eko Andrianto SH, bahwa desa sekarang memiliki anggaran besar dan perlu sumber daya manusia (SDM) yang cakap dalam melaksanakan kegiatan sesuai kewenangan desa.

“Dengan peraturan baru, desa saat ini bisa menjadi subyek hukum, maka dari itu pemerintah desa harus melek hukum,” kata Hakim Sonny.

Berita Menarik Lainnya:  HUT RI ke- 77 Warga RW 6 Kelurahan Mangunharjo Gelar Jalan Sehat

Sementara itu Hakim sekaligus Humas PN Bojonegoro Zainal Ahmad, SH, menambahkan, alokasi dana desa (ADD), dan dana desa (DD), yang diterima sudah selayaknya dilaksanakan sesuai ketentuan, disusun berdasar perencanaan yang baik dan pelaporan yang sesuai perencanaan.

“Untuk perencanaan anggaranya harus detail jangan sampai ada yang salah, dan waktu pelaporannya pun demikian harus sesuai dengan perencanaan, soalnya banyak kepala desa yang tersangkut masalah hukum karena hal-hal yang dianggap sepele,” tutur Zainal Ahmad.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280