Wabup Bondowoso Resmikan Kampung Pancasila

Wabup Bondowoso Resmikan Kampung Pancasila
Wabup Bondowoso, Irwan Bahtiar Rahmat, bersama Dandim 0822 dan Kapolres Bondowoso saat peresmian kampung pancasila.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO – Wakil Bupati Bondowoso, Irwan Bachtiar Rahmat dan Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letnan Kolonel Arm Suhendra Chipta, bersama sejumlah pihak secara langsung meresmikan kampung Pancasila di Kelurahan Kotakulon, Kecamatan Bondowoso, Rabu (23/3/2022).

Dengan begitu masyarakat sekitar dapat membumikan nilai-nilai di dalam Pancasila secara keseluruhan. Khususnya gotong-royong dan toleransi di lingkungan setempat.

Bacaan Lainnya

Wabup Bondowoso, Irwan Bahtiar Rahmat, mengatakan, tujuan utama dibentuknya kampung tersebut untuk membumikan nilai Pancasila kepada semua lapisan masyarakat salah satunya toleransi yang harus tercermin dalam kehidupan sehari-hari.

Berita Menarik Lainnya:  Mendapat Apresiasi Dari Masyarakat, UPTD Puskesmas Kedungdung Terus Beri Pelayanan Excellent

“Merajut keberagaman dan sebagainya, itu intinya,” tegasnya, kepada Jurnalis Beritabangsa.com.

Irwan menegaskan hal itu akan menjadi role model bagi desa hingga RT untuk mengaplikasikan hal serupa sampai terbentuknya kampung Pancasila di seluruh Bondowoso.

“Selain hidup gotong-royong, nanti di sini juga akan akan mengaji Pancasila,” cetusnya.

Pihaknya mengaku telah melakukan kajian secara mendalam terkait masih banyaknya masyarakat yang hanya bisa menyebut Pancasila saja tanpa mengetahui makna yang terkandung di dalamnya.

“Hakekat dari Pancasila itu yang penting. Sehingga nilainya bisa dibumikan untuk diaplikasikan dalam kehidupan sehari-hari,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  Harga Buah Mangga Probolinggo Naik Hingga Tembus 15.000/Kg

Jika sudah terjadi kesadaran di masyarakat dan terbentuk kampung Pancasila, akan berguna untuk mencegah masuknya paham radikal atau anti toleransi yang dapat memecah belah bangsa.

“Sehingga nanti bisa dideteksi sejak dini,” imbuhnya.

Sementara itu, Komandan Kodim 0822 Bondowoso, Letkol Arm Suhendra Chipta, meminta pencanangan kampung Pancasila, tidak sebatas seremonial belaka, namun pihaknya akan melakukan pendampingan secara terus menerus sehingga terbentuk kampung-kampung Pancasila lainnya di Bondowoso.

“Kita akan adakan acara-acara walaupun tidak seremonial,” ucapnya.

Tidak menutup kemungkinan akan terbentuk Kabupaten Pancasila nantinya. Sehingga Pancasila tidak hanya akan diucapkan melalui mulut saja, melainkan juga berupa tindakan.

Berita Menarik Lainnya:  HUT ke-77 RI, 545 Warga Binaan Lapas Probolinggo Diberi Remisi

“Walaupun sebenarnya nilai-nilai Pancasila sudah ada di masyarakat,” ujarnya.

Menurut Wagimin, salah seorang warga setempat, keinginan untuk mendirikan kampung Pancasila itu karena adanya anak muda yang masih belum hafal butir Pancasila.

“Saya sering lihat di TV ketika operasi yustisi itu. Ketika disuruh baca Pancasila banyak yang gak hafal,” katanya.

Oleh sebab itu, dia mengaku bersedia berkolaborasi bersama memberi pemahaman kepada generasi muda di wilayah tersebut untuk mengajarkan arti, dan nilai Pancasila.

“Alhamdulillah kami di sini sudah mengaplikasikannya dalam kehidupan sehari-hari nilai Pancasila tersebut,” tutupnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280