Tubagus Joddy, Mantan Sopir Almarhumah Vanessa Angel Dituntut 7 Tahun Penjara

Tubagus Joddy, Mantan Sopir Almarhumah Vanessa Angel Dituntut 7 Tahun Penjara
Penampakan Tubagus Joddy, ketika menjalani sidang agenda tuntutan di Pengadilan Negeri (PN) Jombang. (Foto: Fa'iz)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Jaksa penuntut umum (JPU) dalam sidang lanjutan perkara kecelakaan yang menewaskan mendiang artis Vanessa Angel dan suaminya, Febri Ardiansyah, menuntut Tubagus Joddy, sopir mendiang artis asal Surabaya itu dengan pidana kurungan 7 tahun.

Sidang tuntutan ini dilangsungkan sejak pukul 13.30 hingga 13.55 WIB, di ruangan Kusuma Atmaja PN Jombang, yang dipimpin Ketua Majelis Hakim Bambang Setiawan, Kamis (17/3/2022) siang.

Bacaan Lainnya

JPU dalam sidang meminta majelis hakim mengadili perkara ini menyatakan terdakwa bersalah secara sah dan meyakinkan atas kelalaiannya dalam mengendarai kendaraan mengakibatkan korban meninggal dunia dan luka-luka.

Berita Menarik Lainnya:  Sikap Indonesia di Tengah Desakan Negara Barat Agar Depak Rusia dari G20

“Untuk itu majelis hakim menjatuhkan pidana terhadap terdakwa, dengan pidana penjara selama 7 tahun dikurangi masa tahanan yang telah dijalani. Ke-tiga menyertakan sejumlah barang bukti. Keempat supaya terdakwa dibebani untuk membayar perkara sebesar lima ribu rupiah,” ujar Jaksa Penuntut Umum (JPU) Adi Prasetyo dan Aldi Demas Akira yang turut hadir langsung di PN Jombang,.

Sementara terdakwa Tubagus Joddy hadir secara virtual dari Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) kelas IIB Jombang.

Dalam penjelasannya, Aldi menegaskan tuntutannya sesuai dakwaan nya berupa jeratan pasal 310 ayat 4 dan 2 Undang-undang Republik Indonesia tahun 2009 tentang lalu lintas dan angkutan jalan.

Ads

“Barang siapa, atau setiap orang yang mengemudikan kendaraan karena kelalaian, mengakibatkan kecelakaan lalulintas dan mengakibatkan orang lain meninggal dunia, serta mengakibatkan korban mengalami luka ringan, dipidana penjara, 7 tahun,” kata Ali dalam persidangan.

Berita Menarik Lainnya:  Hingga Februari, PAD Kabupaten Probolinggo Sektor Pajak Capai 11, 85%

Sehingga Aldi menegaskan dari dakwaan dan hasil pemeriksaan terdakwa telah memenuhi unsur yang secara sah dan meyakinkan terpenuhi.

Sebelum membacakan tuntutan pidana, Aldi menjelaskan hal-hal yang meringankan dan memberatkan terhadap terdakwa Tubagus Joddy.

“Hal-hal yang meringankan, terdakwa (Tubagus Muhammad Joddy) belum pernah dihukum. Kemudian mengakui dan menyesali perbuatannya. Sementara hal-hal yang memberangkatkan, terdakwa mengakibatkan korban (Vanessa Angel dan Febri Ardiansyah) meninggal dunia. Serta korban (Siska Lorensa dan Gala Sky Andriansyah) alami luka-luka,” tuturnya dengan jelas.

Ads

Lanjut Aldi, berdasarkan kelakuan dan perundang-undangan yang berlaku, jaksa penuntut umum menuntut agar Majelis Hakim mengadili perkara tersebut. Isi tuntutan yang pertama berisikan, dengan kelalaiannya terdakwa dalam mengendarai kendaraan mengakibatkan korban meninggal dunia dan luka-luka.

Berita Menarik Lainnya:  Tali Pocong Jenazah di Sidoarjo Hilang Dicuri

“Kemudian yang kedua menjatuhkan pidana terhadap terdakwa, dengan pidana penjara selama 7 tahun dikurangi masa tahanan yang telah dijalani. Ke-tiga menyertakan sejumlah barang bukti. Keempat supaya terdakwa dibebani untuk membayar perkara sebesar lima ribu rupiah,” pungkasnya.

Usai pembacaan tuntutan, Hakim Bambang kembali menjelaskan kesimpulan tuntutan secara singkat terhadap terdakwa Tubagus Joddy. Sementara itu kemudian persidangan ditunda kembali pekan depan dengan agenda pembelaan tuntutan dari penasehat hukum.

“Begitu ya isi tuntutannya. Jadi saudara terdakwa apabila ingin mengajukan pembelaan sendiri, juga dipersilahkan untuk menulis surat. Jadi persidangan hari ini sudah selesai, untuk persidangan dalam agenda pembelaan dari penasehat hukum akan digelar pada hari Kamis tanggal 24 Maret 2022,” jelas singkat Hakim Bambang, lalu menutup persidangan.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800