Tampil Modis, Takjil Tumpeng Jajan Ndeso di Jombang Laris Manis

Takjil Tumpeng
Tampak takjil tumpeng jajanan Ndeso di Kabupaten Jombang. (Foto: Faiz)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Ada makanan takjil dengan penampilan baru di Kabupaten Jombang. Takjil berbentuk tumpeng dengan makanan zaman lawas, era 90-an. Namun penampilannya terlihat baru dan cantik, serta cocok bagi Anda yang sudah nostalgia dengan jajan tradisional tersebut.

Tak hanya tampil modis, rupanya usaha takjil tumpeng jajan Ndeso milik pasangan suami istri bernama Roni Purwanto (40) dan Nurkolifa (40) di bulan Ramadan 1443 Hijriah ini laris manis.

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Mereka membuat dan melayani pesanan sendiri di kediamannya yang terletak di Dusun Jombang Krajan, Desa Jombang, Kecamatan/Kabupaten Jombang.

Nurkolifa mengatakan, laris manisnya usahanya kini tak selancar tahun atau bulan Ramadan sebelumnya.

Berita Menarik Lainnya:  Ditinggal Babati Rumput di Sawah Vario Disikat Maling

“Ya Alhamdulillah saja gitu Mas, masih diberikan kelancaran untuk menjalani usaha takjil tumpeng jajanan tradisional ini. Tapi ya gitu, tak se lancar tahun sebelumnya. Karena tau sendiri, harga bahan baku sekarang sudah banyak yang tambah tinggi atau mahal,” ujarnya, Rabu (20/4/2022) siang.

Naiknya beberapa bahan baku di pasaran, sangat dirasa membebankan. Selain harus menyesuaikan harga pesanan, Nurkolifa mengaku juga harus mempertahankan pelanggan yang sudah setia melakukan pesanan.

Guna melancarkan usahanya, kata Nurkolifa memanfaatkan adanya media sosial yang difungsikan untuk menyebarkan informasi. Tentunya memasarkan foto usahanya seperti di aplikasi WhatsApp, Facebook dan lain sebagainya.

“Kalau biasanya saya jual di pasar Legi Jombang itu, tapi ketika Ramadan ini sudah cukup menerima pesanan online atau datang ke rumah langsung saja. Bersyukur Mas, pesanan sampai saat ini masih tiada henti,” jelasnya saat ditemui.

Lanjut Nurkolifa, seporsi tumpeng takjil itu berisi penuh dengan variasi jajanan Ndeso era 90-an. Mulai dari terdapat 5 macam jajan, hingga 10 macam atau menyesuaikan permintaan pemesanan.

Berita Menarik Lainnya:  Pemdes Bakalan Rayung Jombang Diduga Pungli Bantuan Tunai KPM

Jajanan tradisional dalam tumpeng tanpa nasi itu disebutkan diantaranya seperti klepon, sawut, tiwul, ijo-ijo, puro, klanting, gethuk, mata roda, lupis, dan lain sebagainya. Namun demikian, ia meminta bagi pelanggan agar memesan H-1 atau H-2 sebelum permintaan jadi.

“Kalau macam isi jajanannya, kami sesuaikan dengan permintaan pelanggan. Makanya sebelum pesan, pasti kami jelaskan. Kalau yang kami minta untuk pesan H-1 atau H-2 sebelum tanggal jadi itu, ya karena memang tenaga kerjanya cuma saya dengan suami saja,” katanya.

Kendati demikian, pesan usaha yang sudah dijalani sekitar kurang lebih 4 tahunan itu sudah tembus luar daerah kota santri Jombang. Mulai dari Kediri, Mojokerto, Bojonegoro dan lain sebagainya yang masih masuk wilayah Jawa timur.

“Pemesanan sudah ada luar kota, tapi tetap masih banyak warga Jombang sendiri. Soal harga bervariasi, yang berisi 5 macam jajanan itu harganya 150 ribu rupiah, sedangkan untuk tumpeng yang berisi 10 macam jajanan itu, harganya 300 ribu rupiah. Ya menyesuaikan permintaan kalau memang ada permintaan lainnya,” paparnya.

Berita Menarik Lainnya:  Wabup Ingatkan PMI Bondowoso Tak Kotori Misi Kemanusiaan dengan Politik

Sementara Roni menceritakan, pihaknya menjalani usahanya tersebut berawal dari bingung mencari pekerjaan hingga memilih untuk belajar bersama dengan orang tuanya. Hingga kini tetap bertahan dikarenakan sudah dinilai lumayan lancar.

“Kebetulan dulu istri saya ini membantu ibunya berjualan jajanan tradisional di Wiyung. Ya kemudian sekalian belajar bersama gitu untuk menjalani usaha ini,” kata Roni sembari membuat getuk lindri.

“Kalau harapannya, kedepannnya semoga tetap di berikan kelancaran dan kesehatan saja. Gak cuma tumpeng, pesen atau beli bingkisan kotak jajan tradisional ini juga bisa. Soal harga ada yang 25 ribu, ada juga yang 3 ribu dan ada juga yang 5 ribu. Kalau yang pakai kemasan plastik mika harganya 10 ribu, bervariasi juga pokoknya tergantung permintaan pemesanan,” lanjutnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280