Simposium Peradaban NU, DPR RI: Kekuatan Baru Bagi Warga Madura untuk Kembangkan Peradaban

Sumenep Cikal Bakal Peradaban Singhasari dan Majapahit Diungkap di Simposium Peradaban NU
Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN), Slamet Ariyadi.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Anggota Komisi I DPR RI Fraksi Partai Amanat Nasional (F-PAN), Slamet Ariyadi mengapresiasi gelaran Simposium Peradaban Nahdlatul Ulama (NU) yang digelar PWNU Jawa Timur di Keraton Sumenep.

Simposium yang digelar di Bumi Sumekar ini menjadi kekuatan baru bagi masyarakat Madura untuk membangun peradaban gemilang. Sabtu (5/3/2022).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Polisi Kembali Jemput Paksa MSA DPO Kasus Pencabulan Santri di Jombang
banner 1024x1366

“Kita tahu bagaimana Kabupaten Sumenep dengan akulturasi budayanya yang cukup signifikan. Sehingga Simposium Peradaban NU ini menjadi kekuatan baru bagi kami, masyarakat Madura untuk mengembangkan peradaban yang lebih gemilang. Dan saya sangat mengapresiasi dan berterimakasih,” ujar politisi PAN ini.

Slamet yang juga kader muda NU juga menjelaskan terkait sejarah peradaban membuktikan bahwa kabupaten Madura paling ujung timur ini menjadi cikal bakal lahirnya peradaban Madura. Bahkan menurutnya, Sumenep menjadi cikal bakal dinasti Wijaya pada masa dua kerajaan, yaitu kerajaan Singhasari dan Majapahit.

“Kalau kita lihat sejarah, peradaban awal Madura itu berkaitan erat dengan Sumenep. Bahkan menjadi cikal bakal dinasti Wijaya. Terlebih di masa dua kerajaan besar, yaitu Singhasari dan Majapahit,” jelas DPR RI dapil Madura ini.

Berita Menarik Lainnya:  Pemkab Asahan Gelar Salat Idul Fitri 1443 H di Masjid Agung H Ahmad Bakrie Kisaran

Oleh karena itu, Sekjen Barisan Muda Penegak Amanat Nasional (BM-PAN) ini, sepakat dengan PBNU yang turut serta dalam membangun peradaban Islam di kancah global. Karena prinsip moderat dan toleransi mampu membawa perdamaian dunia.

“Prinsip moderat dan toleransi yang selalu digalakkan NU mampu membawa perdamaian dunia. Oleh karena itu, saya sepakat dengan PBNU yang turut serta membangun peradaban Islam di kancah global,” kata Slamet via WhatsApp.

Berita Menarik Lainnya:  Pendamping BPNT Rumbia Maksimal Layani KPM

Lebih lanjut, Alumnus Pondok Pesantren Nahzatut Thullab Prajjan Sampang ini berharap pagelaran simposium peradaban NU tersebut menjadi modal kekuatan besar bagi warga Sumenep khususnya, masyarakat Madura pada umumnya untuk merawat dan mengembangkan tatanan peradaban dalam pembangunan di pulau Madura.

“Saya berharap, simposium peradaban NU menjadi modal kekuatan besar bagi masyarakat Madura untuk merawat dan mengembangkan peradaban dalam pembangunan pulau Madura,” tutup Slamet Ariyadi yang juga alumni PMII Universitas Trunojoyo Madura.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280