Sepesialis Pencuri Baju di Mall Diamankan Tim Resmob Polrestabes

Pencuri baju
Riswanto saat diamankan oleh Tim Resmob Polrestabes Sabtu (16/4/2022).
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Menjelang Hari Raya Idul Fitri, biasanya pusat perbelanjaan ramai pengunjung. Hal itu lantaran masyarakat mencari berbagai kebutuhan untuk merayakan momen lebaran.

Rupanya, momen menjelang perayaan lebaran kali ini dimanfaatkan Riswanto, 45 tahun, warga Jombang, harus merayakan momen lebaran kali ini di balik jeruji besi, lantaran ketangkap saat mencuri jaket di royal plaza.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Wartawan Beritabangsa Diusir DKPP Provinsi, Konfirmasi Malah Disuruh Buat Proposal

Riswanto, residivis pencuri pakaian bermerek di beberapa mall Surabaya ditangkap Unit Reserse Mobile Satuan Reserse Kriminal Polrestabes Surabaya, Sabtu (15/4/2022).

Dia ditangkap setelah beraksi mencuri 3 jaket seharga 3 juta rupiah di toko sport station Mall Royal Plaza Surabaya.

Ajun Komisaris Besar Polisi Kasat Reskrim Polrestabes Surabaya Mirzal Maulana mengatakan, tersangka merupakan residivis, pada 1997 lalu perkara pencurian di Polres Jombang, 2000, perkara penganiayaan di Polsek Wonokromo dan 2017, perkara pencurian di Polsek Gayungan.

Berita Menarik Lainnya:  JPZIS YPP Nurul Huda Plus Alumni Bukber dan Santuni 300 Anak Yatim

Setelah bebas, dia kambuh lagi, “Melakukan pencurian baju di beberapa mall di wilayah Surabaya,” imbuhnya.

Dalam kasus ini, tersangka melakukan pencurian 3 buah jaket dengan cara mendatangi mall dan masuk di toko baju, kemudian mengambil 3 jaket yang dimasukan di jaket pelaku di saat penjaga toko lengah.

Setelah itu, satu jaket diselipkan di celana bagian depan dan dua jaket lagi diselipkan di belakang. Kemudian tersangka keluar toko dengan menaruh satu jaket di tampatnya untuk mengurangi kecurigaan karyawan toko.

“Sekali beraksi bisa mencuri 3 – 4 pakaian. Untuk memperlancar aksinya, dia memilih toko baju yang tidak menerapkan sensor alarm. Dia ditangkap setelah terungkap wajahnya melalui rekaman CCTV,” katanya, kepada beritabangsa.com, Sabtu (16/4/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Kesal Tidak Segera Diperbaiki, Warga Tanami Jalan Dengan Pohon Pisang

Barang bukti yang ikut diamankan di antara beberapa jaket, jaket pelaku saat beraksi, topi pelaku, rekaman CCTV dan buku stock rincian kepemilikan barang milik korban.

Tersangka mengaku menjual kembali dan ada sebagian digunakan sendiri barang dari hasil curiannya.

“Pelaku saat ini kami amankan di Mapolres guna untuk kepentingan penyidikan dan pengembangan,” ungkapnya.

Pelaku terbukti melakukan pencurian, polisi menjerat tersangka dengan pasal 363 KUHP tentang pencurian dengan ancaman hukuman 5 tahun penjara.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280