Sambut HUT Surabaya, HTPB Gelar Budaya, Wujud Apresiasi di Hari Kebangkitan Nasional

Foto bersama tokoh Danorgan pelaku Budaya
Foto bersama tokoh Danorgan pelaku Budaya
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Himpunan Tokoh dan Pegiat Budaya (HTPB) Kota Surabaya mengadakan gelar budaya dalam rangka memeriahkan HUT Kota Surabaya ke-729 sekaligus bentuk apresiasi di Hari Kebangkitan Nasional, pada Minggu (22/05/2022) di pelataran Monumen Tugu Pahlawan, Surabaya.

Acara ini digelar dengan tujuan memberikan edukasi kepada masyarakat pentingnya menjaga budaya Jawa, adat istiadat ketimuran dan melestarikan kearifan lokal yang semakin dilupakan oleh masyarakat modern saat ini.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Komunitas Petani Lumajang Deklarasikan Erick Thohir Capres 2024
banner 800x800

Selain itu juga menggaungkan nilai-nilai budaya agar masyarakat paham, peduli dan mendukung budaya Adi Luhung Bangsa.

Sebagai bentuk kepedulian terhadap budaya Jawa, acara ini juga terselenggara atas kerjasama dengan Disbudparpora kota Surabaya maupun Komdiknas Kota Surabaya.

Ads

Dalam gelar acara ini, menurut Ki Bagus Empu Batu, sebagai Ketua Pelaksana juga menghadirkan tari Reog Ponorogo, yang kini tengah diperjuangkan sebagai aset kesenian asli Ponorogo di UNESCO agar memperoleh hak paten.

“Selain itu juga menghadirkan kesenian tari Remo, Mocopat dan Kidung Suroboyoan,” jelas Ki Bagus saat dikonfirmasi oleh Beritabangsa.com.

Beberapa tokoh dan budayawan yang hadir dalam acara ini adalah, Ki Djadi Jalajapo, Ki Chris, dan Ki Jatim serta dari perwakilan tokoh di tiap kecamatan disertai pegiat budaya dari kelompok Organ.

Ads

Dari kelompok organ adalah Komunitas Indigo dan Telepati Surabaya (KITS), Paguyuban Pelestari Budaya Aksara Jawa, Gelang Nusantara, Singo Lawu, Paguyuban Mbah Gumuk, NU SAS, Komunitas Pelestari Peninggalan Sejarah Bangsa Nusantara, Komunitas Kain dan Kebaya indonesia, Srikandi Jogoboyo, Mitra Sejati, Paseban Bopo Nuswantoro, Laskar Sambernyowo,pemburu Horeg Community, Ngajeni Sedulur, Padepokan Brojo Geni, Singo Lawu, dan Padepokan Gunung Pegat.

Berita Menarik Lainnya:  Jawara Pesantren Unhasy Jombang Latih Santri Siap Jadi Pengusaha Andal

Kemudian GNJ, Permajab, Lembaga Kedaulatan Rakyat Indonesia, Komunitas Wong Jowo, Wujud Jiwa Sampurna, Paguyuban Purnama Sidoarjo, Paguyuban Giri Kedaton Gresik.

“Alhamdulillah, semua pihak, terutama Instasi terkait mendukung penuh acara ini,” pungkas Ki Bagus.

Antusias warga untuk menonton acara ini tampak, terbukti pelataran Monumen Tugu Pahlawan full pengunjung.

Diharapkan agar gelar acara ini bisa menjadi contoh bagi kota-kota lain di Indonesia, agar khasanah budaya Nusantara tetap lestari dan menjadi tuan rumah di negeri sendiri.

>>>Ikuti Berita Lainnya di News Google Beritabangsa.com

Pos terkait