Ratusan Orang Antarkan Nyai Lily Wahid Hingga Peristirahatan Terakhir di Tebuireng Jombang

Jenazah adik kandung Gus Dur, Nyai Lily Wahid saat tiba di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang
Jenazah adik kandung Gus Dur, Nyai Lily Wahid saat tiba di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG- Sejumlah tokoh bersama ratusan orang mengantarkan jenazah Nyai Lily Chodidjah Wahid Hasyim hingga ke peristirahatan terakhir di komplek makam keluarga Pondok Pesantren Tebuireng, Kabupaten Jombang.

Sejumlah tokoh dimaksud diantaranya KH Muwafiq, KH Marzuki Mustamar bersama sejumlah pengurus PBNU lainnya, keluarga Ponpes Bahrul Ulum Tambakberas, Forkopimda Jombang, Ketua Dewan Pers M Nuh, hingga Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa. Mereka mulai berdatangan pada Selasa (10/5/2022) pukul 14.30 WIB.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Kebon Pitu Wonosalam, Berteduh Senja di Balik Tenda Pinggir Sungai

Sementara untuk kedatangan jenazah yang diangkut dengan mobil ambulans dari rumah duka, tiba di Pondok Pesantren Tebuireng Jombang pukul 15.45 WIB. Lantunan tahlil mengiringi kedatangan jenazah adik kandung dari Presiden RI ke-4 Abdurrahman Wahid (Gus Dur) ini.

Setiba mobil ambulans dengan Nopol B-7460-SDB di pinggir masjid pondok ini, dari kalangan pejabat negara hingga keluarga Ponpes setempat langsung berebut dan memikul keranda Nyai Lily Wahid yang berlapis kain hijau di atasnya.

Dengan melantunkan kalimat tauhid, keranda Nyai Lily Wahid langsung dibawa ke dalam kasepuhan Ponpes Tebuireng. Suara tahlil hingga tidak henti terdengar hingga terdengar pengeras suara yang mengumumkan waktu salat jenazah.

Ads

“Salat jenazah akan segera dimulai, untuk salat jenazah yang pertama akan dipimpin pengasuh Pondok Pesantren Tebuireng KH Abdul Hakim Mahfudz,” tutur seorang dalam pengeras suara yang terdengar jelas.

Berita Menarik Lainnya:  Hepatitis Akut Sasar 3 Orang Dewasa di Sidoarjo

Pelaksanaan salat jenazah Nyai Lily Wahid di masjid ini dipenuhi ratusan orang dari tokoh masyarakat, pejabat, hingga para kalangan santri di pondok setempat. Usai disalatkan, rencananya jenazah Nyai Lily Wahid akan dikebumikan di liang lahat yang sudah disiapkan pengurus Ponpes Tebuireng.

Ads

Letak makam Nyai Lily Wahid ini nantinya berada di sisi selatan Joglo, atau berada di sebelah kanan ulama sepuh Ponpes Tebuireng yakni Mbah Kaji Supri. Tak hanya itu, nisan Nyai Lily Wahid ini dibuat dengan tanpa nama.

Usai disalatkan, lantunan suara kalimat tauhid kembali terdengar. Keranda Nyai Lily Wahid pun dipukul bersama-sama menuju ke tempat pemakaman. Dari awal proses pemakaman hingga berakhir doa bersama, suara tangis dari lautan manusia di kawasan makam setempat terus terdengar.

Berita Menarik Lainnya:  Sambut HUT Persebaya, Kapolrestabes Surabaya Beri Hadiah Ambulans

Hingga puncak acara tabur bunga, proses pemakaman Nyai Lily Wahid berjalan dengan lancar.

Selanjutnya dilakukan tahlil bersama pada bakda salat Isya di masjid putra Pondok Pesantren Tebuireng Jombang.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800