Percepat Realisasi BSPS, Dinas Perkim Jombang Beri Pembekalan Pendamping

Dinas Perkim
Caption: Tampak kegiatan pembekalan terhadap pendamping ketika berlasung di aula Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Jombang. (Foto: Fa'iz)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Sejumlah pendamping atau tenaga fasilitator lapangan mendapat pembekalan pada Senin (14/3/2022) di aula Dinas Perumahan dan Permukiman (Perkim) Jombang.

Kegiatan tersebut digelar oleh Dinas Perkim Jombang, guna mempercepat pelaksanaan kegiatan Bantuan Stimulan Perumahan Swadaya (BSPS).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Baksos Lingkungan Hidup, Lions Clubs D307 B2 Indonesia Tanam 2.000 Mangrove di Gunung Anyar Surabaya

Kepala Dinas Perkim Jombang Heru Widjajanto mengatakan bahwa, kegiatan tersebut merupakan tahap awal di tahun anggaran 2022.

“Kegiatan pembekalan dilaksanakan dalam rangka mendukung kegiatan BSPS yang akan dilaksanakan di Kabupaten Jombang di Tahun Anggaran 2022. Tetap kami lakukan percepatan dalam pelaksanaannya,” ujar Heru kepada Beritabangsa.com pada Selasa (19/4/2022).

Dengan tahap yang sudah ditentukan, Kabupaten Jombang mendapat ribuan rumah tidak layak huni (RTLH) yang siap akan direhabilitasi. Sementara di tahapan awal, Dinas Perkim Jombang akan merehabilitasi 30 rumah.

Berita Menarik Lainnya:  Dirugikan Oknum ASN, Puluhan Warga Desa Tobai Barat Datangi Mapolres Sampang

“Di tahap tiganya nanti, mendapatkan alokasi bantuan sebanyak 1083 unit rumah yang akan dilaksanakan perbaikan atau peningkatan kwalitasnya yang tersebar di 13 Kecamatan dan 53 Desa di Kabupaten Jombang,” jelasnya saat dikonfirmasi.

Usai dilakukan pembekalan, pihaknya berupaya kepada tim pendamping segera melakukan tahap awal.

Di tahap awal yang dimaksud, Heru menjelaskan yakni melakukan verifikasi lapangan ke calon penerima bantuan (CPB) di tiap desa yang mendapatkan bantuan BSPS tersebut.

“Ya bagaimana segera dilakukan percepatan begitu. Baru di tahap tiganya nanti, Tim Pendamping yang ditugasi oleh kementrian sebanyak 1 orang Koordinator Kabupaten, 2 orang Asisten Koordinator Kabupaten dan 27 orang Tim Fasilitator Lapangan,” paparnya.

Berita Menarik Lainnya:  Tinjau Anak Yatim Korban Covid, Bupati Jombang: Siap Menampung dan Kami Berikan Beasiswa

Sementara disinggung soal jumlah anggaran yang hendak dipakai untuk melakukan program tersebut, pihaknya memastikan bahwa langsung menjadi kewenangan Kementerian PUPR.

“Soal anggaran selama pelaksanaan kegiatan ada di Kementerian PUPR, Kabupeten Jombang hanya memfasiltasi kegiatan tersebut. Kalau target pelaksanaan perbaikan atau peningkatan kwalitas rumah tidak layak huni dari kementerian PUPR selama 4 bulan,” pungkasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280