Pelayanan Digital BPJS Kesehatan Permudah Urusan Administrasi

Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman
Ketua Komisi D DPRD Kabupaten Lumajang, Supratman, ketika dialog di salah satu studio radio.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-LUMAJANG – Dengan adanya kemajuan era teknologi saat ini, membuat banyak lembaga dan instansi berlomba-lomba untuk menghadirkan pelayanan serba digital. Begitu halnya dengan BPJS Kesehatan yang meluncurkan aplikasi JKN Mobile untuk memudahkan peserta BPJS dan JKN KIS mengurus administrasi.

Selain itu, ada beberapa fitur menarik yang bisa dinikmati lewat aplikasi JKN Mobile ini, diantaranya berupa kemudahan melakukan pendaftaran serta pengubahan data kepesertaan.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Dr Amien Widodo: Semeru Bukan Meletus, Tapi Erupsi Besar
banner 1024x1366

“Ternyata, kita juga bisa mendapatkan informasi terbaru terkait data peserta dan keluarga, informasi tagihan dan iuran hingga kemudahan menyampaikan keluhan,” kata Ketua Komisi D DPRD Lumajang, Supratman, Selasa (16/8/2022).

Supratman di sini, hanya dapat memberikan informasi terkait pelayanan BPJS Kesehatan maupun seputar pelayanan JKN-KIS. JKN Mobile, menurutnya, juga bisa menjadi solusi ketika kehilangan atau lupa membawa kartu BPJS Kesehatan saat berobat.

“Jadi, masyarakat bisa berobat dengan BPJS tanpa menggunakan kartu, dan tentu saja itu bisa dengan memanfaatkan layanan kartu digital dari JKN Mobile. Sebab saat kartu BPJS nya hilang tentu akan membuat masyarakat kesulitan untuk mengakses berbagai layanan fasilitas kesehatannya,” terangnya.

Berita Menarik Lainnya:  Slamet Ariyadi Gaungkan Madura Menjadi Provinsi

Namun demikian, Kepala BPJS Kesehatan Cabang Jember, dr Galih Anjungsari, melalui media ini, masyarakat tidak perlu khawatir lagi karena saat ini sudah bisa melakukan cetak kartu BPJS secara praktis tanpa perlu datang ke kantor BPJS.

“Masyarakat bisa cetak Kartu BPJS via Aplikasi JKN Mobile. Silakan buka aplikasi JKN Mobile di ponsel, lanjutkan dengan memilih menu daftar. Jika belum mendaftar silahkan mengikuti alur dan proses pendaftarannya hingga selesai,” jelasnya kepada BeritaBangsa.com.

Dari proses itulah, kata Galih, tunggu beberapa saat, maka kartu BPJS akan dikirimkan dan siap untuk diunduh. Setelah diunduh, silahkan melakukan cetak kartu BPJS sendiri.

“Hal yang sama jika kartu BPJS milik kita hilang, bisa tercetak sendiri tanpa harus mendatangi kantor BPJS Kesehatan,” tambahnya.

Berita Menarik Lainnya:  Akabri 1996 Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Pedagang Kaki Lima

Jadi, apakah bisa berobat tanpa membawa kartu BPJS ataupun kartu KIS? Mantan Kepala BPJS Cabang Sleman ini mengatakan kalau tentu saja bisa.

“Masyarakat bisa menggunakan kartu digital yang ada di aplikasi JKN Mobile sebagai pengganti apabila kamu tidak membawa kartu BPJS maupun kartu KIS. Jadi kamu tidak perlu panik dan was-was lagi saat lupa atau kehilangan kartu BPJS Kesehatan ataupun KIS,” imbuhnya lagi.

Kehadiran aplikasi JKN Mobile menjadi solusi terbaik saat ingin mendapatkan layanan medis tanpa perlu menggunakan kartu BPJS lagi.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280