Mobil Karya SMK Mutu Gondanglegi Malang Jadi Tumpangan Presiden Jokowi di Muktamar Muhammadiyah

Mobil Listrik
Presiden RI Joko Widodo saat menaiki mobil listrik karya SMK Mutu Gondanglegi kabupaten Malang di ajang Muktamar Muhammadiyah di Surakarta

BERITABANGSA.COM-MALANG – Sekolah Menengah Kejuruan Muhammadiyah 7 Gondanglegi patut berbangga karena karya inovasi mobil listrik ramah lingkungan, Microbus Suryawangsa 2 dan 3 menjadi kendaraan Presiden RI Jokowi dan dan Ibu Negara Iriana Jokowi saat menghadiri Muktamar Muhammadiyah Ke 48 di Surakarta, Minggu, 18-20/11/2022.

Menurut Project Leader Suryawangsa 2 dari SMK Mutu Gondanglegi, Muhtadi, Suryawangsa 3 ini, diklaim menjadi prototype mobil listrik futuristik ramah lingkungan bebas emisi, dan tidak bergantung bahan bakar minyak.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Dorr ! 4 Kabur, 1 Tertembak, Tepergok Polisi Ranuyoso, Kawanan Maling Menyerang
banner 1920x1080

“Full elektrik, tidak ada pembakaran di mesin. Jadi, tidak menghasilkan emisi gas buang. Mobil ini ramah lingkungan dan tidak sensitif isu perubahan iklim,” kata Muhtadi, Minggu (20/11/2022).

Muhtadi menjelaskan, berputarnya motor pada mesin Microbus Suryawangsa 2 ini, karena ada energi listrik dari baterai liquid terpasang.

Komponen listrik yang dipasang, menurutnya bisa mencapai 30 persen total berat mobil. Dibutuhkan setidaknya 240 kilogram berat baterai saja, dari total berat mobil 800 kilogram.

Berita Menarik Lainnya:  AKD DPRD Kota Probolinggo Dikocok Ulang

“Ya, ini masih sesuai kemampuan kami. Semakin berat, akan mempengaruhi kecepatan dan kapasitas listrik yang ada cepat habis. Meski, sebenarnya bisa digunakan baterai lithium yang punya kapasitas saya listrik lebih besar, namun berat komponennya lebih ringan,” beber Muhtadi.

Komponen mobil terdiri dari elektrifikasi dan fitur-fitur teknologi advanced. Termasuk, jika memungkinkan, tetap menggunakan panel solar cell.

Berita Menarik Lainnya:  Hoax, Kabar BPNT Kedungrukem Benjeng Dikorupsi

“Juga sistem pendingin, yang dibagi untuk controller (ICU), pendingin motor, dan kabin penumpang,” imbuhnya.

Muhtadi menambahkan, dengan desain bodi mobil kecil disesuaikan dengan daya listrik yang ada, ditambah memakai karakter daerah urban dan jalan kecil, maka mobil jenis ini lebih cocok.

Dengan brush motor DC series, sehingga punya keunggulan power torsi mesin sangat kuat.

Ini menurutnya, karena Suryawangsa 3 ini didesain sebagai mobil penumpang, jadi tidak sepenuhnya mengandalkan kecepatan.

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *