Mahasiswa UPN Bekali Pelaku UMKM Workshop Ekonomi Kreatif

Mahasiswa UPN
Salah satu peserta KKN UPN saat memberikan pendampingan kepada pelaka UMKM di Kelurahan Kertajaya Kecamatan Gubeng Kota Surabaya.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Ekonomi kreatif menjadi daya magnet untuk percepatan pemulihan ekonomi nasional pasca pandemi Covid-19. Sebab itu, melalui kegiatan KKN mahasiswa Universitas Pembangunan Negeri Veteran (UPN) memberikan Workshop Ekonomi Kreatif kepada pelaku UMKM di Kelurahan Kertajaya, Kecamatan Gubeng, Kota Surabaya, Rabu (13/4/2022).

Workshop tersebut mengusung tema “Entrepreneur Mindset dan Upgrading UMKM untuk Memulihkan Perekonomian Pasca Pandemi” menghadiri Sandi Ariamanda, sebagai pemateri.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Haul KH Wahid Hasyim ke-69, Puan: Ulama Pemikir-Pejuang Sahabat Bung Karno

Dalam paparannya, Sandi Ariamanda menjelaskan tentang UMKM Next Level serta strategi untuk mewujudkan UMKM Next Level, yang harus diketahui oleh setiap pelaku UMKM.

Ia memaparkan UMKM Next Level dapat diartikan sebagai usaha untuk mengembangkan produktivitas dan daya saing meningkat, sehingga berpotensi mencapai lebih tinggi. Dari usaha mikro tumbuh menjadi usaha kecil, kemudian meningkat menjadi usaha menengah dan hingga akhirnya bisa menjadi besar.

Strategi untuk mewujudkan UMKM Next Level dengan mempelajari 4G, yaitu Go Modern, Go Digital, Go Online, dan Go Global.

Ads

“Masa pandemi saat ini mengharuskan para pelaku UMKM agar berpindah ke platform online atau digital, agar lebih aman dan dapat menjangkau lebih banyak konsumen,” jelasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati Asahan Gowes Bareng Ketua PKK dan OPD

Selain beralih secara online dan digital, strategi UMKM Next Level juga dapat memperluas jangkauan usaha ke seluruh dunia.

“Sebisa mungkin kita menggunakan barang yang jika dipandang orang terlihat seperti mahal, padahal kita menggunakan buatan UMKM,” tukasnya.

Ads

Sementara ketua Kelompok KKN Jeannita menyebutkan tujuannya digelar workshop tersebut untuk memberikan pembekalan pemasaran produk hingga pembuatan produk kepada para pelaku UMKM agar dapat dijalankan dengan baik dan benar.

“Pengaruh pasar digital saat ini dapat memanipulasi foto produk. Saat ini banyak UMKM yang foto produknya tidak sesuai dengan apa yang mereka jual dan mengorbankan para konsumen,” ungkap Jeannita.

Jeannita berharap dengan diselenggarakannya kegiatan tersebut dapat memberikan gambaran umum kepada para pelaku UMKM kecil hingga menengah untuk melakukan strategi yang baik dan benar dalam mewujudkan UMKM Next Level ini.

Berita Menarik Lainnya:  Logo Halal Baru Bak Wayang, Ini Filosofinya

“Kami berharap semua pelaku UMKM disini mempunyai bekal untuk memasarkan produk UMKM nya masing-masing,” pungkasnya.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800