Kehadiran NU Bangun Kemaritiman Sudah Dinantikan Rakyat Kota Pasuruan

Kehadiran NU Bangun Kemaritiman Sudah Dinantikan Rakyat Kota Pasuruan
Lakpesdam NU Kota Pasuruan menggelar seminar kemaritiman dengan tema 'meneguhkan peran strategis NU dalam pembangunan maritim di Kota Pasuruan' di Aula Lantai II PCNU Kota Pasuruan, Sabtu (19/03/2022).
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-PASURUAN – Rais Suriyah PCNU Kota Pasuruan KH Khalimi Mas’ud, menegaskan bahwa kehadiran NU dalam pembangunan dunia kemaritiman di Kota Pasuruan sudah dinantikan banyak pihak.

Sinergi yang dibangun antara PCNU Kota Pasuruan dengan pemerintah daerah akan menjadi langkah penting dalam penyelesaian problem wilayah pesisir di Kota Pasuruan.

Bacaan Lainnya

“Wilayah Pesisir dan Maritim Kota Pasuruan mempunyai potensi yang belum sepenuhnya tergarap, selain tentang beberapa problem sosial keumatan seperti ekonomi, sanitasi, narkoba hingga aliran lain yang bertentangan dengan Ahlu Sunnah wal Jamaah. Kompleksitas masalah inilah yang mengharuskan PCNU harus bersinergi dengan Pemerintah Kota Pasuruan untuk mencari solusi kebijakan terbaik,” jelas KH. Khalim Masud.

Sementara itu Drs H Syaifullah Yusuf mengatakan pembangunan maritim yang digagas oleh pemerintah dan PBNU, sebagai salah satu agenda prioritas dan kunci menuju kesejahteraan bangsa.

Berita Menarik Lainnya:  Lindungi Masyarakat, Kemendag Tertibkan Robot Trading Tak Berizin

“Pemerintah pusat maupun pemerintah Kota Pasuruan punya konsen utama membangun dunia maritim. PBNU juga demikian ketika Gus Yahya selaku Ketua Tanfidziyah PBNU melaunching Kampung Nelayan di Labuan Bajo di Harlah NU ke-99.Kita harap dengan diawali kegiatan ini Kota Pasuruan menjadi salah satu titik kampung binaan nelayan PBNU,” terang Gus Ipul yang disambut tepuk tangan peserta.

Terlebih Pemerintah Kota Pasuruan saat ini memiliki program prioritas “Kembang Giri” (Pengembangan Wisata Religi dan Bahari) yaitu program integrasi kawasan wisata religi KH Abdul Hamid dan kawasan pesisir di Kota Pasuruan.

Gus Ipul menegaskan ada strategis Lakpesdam NU Kota Pasuruan yang berinisiatif menggelar seminar kemaritiman sehingga agenda ini harus disertai langkah yang nyata.

“Lakpesdam NU Kota Pasuruan pasca ini tidak boleh berhenti dalam tataran diskusi dan wacana. Ketua Tandfidziyah PBNU Gus Yahya menegaskan saatnya khidmah kita di Nahdlatul Ulama bergerak dari sebatas kata-kata menuju kerja nyata,” imbuhnya.

Berita Menarik Lainnya:  Wakil Bupati Hadiri acara Inauguration of School Operation Pengembangan BLK Maritim

Sekadar diketahui visi besar pemerintah dan PBNU dalam membangun sumberdaya maritim di Indonesia ditangkap serius oleh PCNU Kota Pasuruan.

Melalui Lakpesdam NU Kota Pasuruan menggelar seminar kemaritiman dengan tema ‘meneguhkan peran strategis NU dalam pembangunan maritim di Kota Pasuruan’ di Aula Lantai II PCNU Kota Pasuruan, Sabtu (19/03/2022).

Forum ini dihadiri stakeholder penting yaitu Rois Suriyah PCNU Kota Pasuruan KH Khalim Masud, Wali Kota Pasuruan yang juga Sekretaris Jenderal PBNU Drs H Syaifullah Yusuf.

Sedangkan narasumbernya adalah DPRD Jawa Timur H. Muzammil Syafei, SH, MSi, Ahli Kebijakan Publik Dr Tripitono Adi Prabowo dan Kepala Dinas Perikanan Kota Pasuruan Imam Subekti. Selaku moderator adalah Ketua Lakpesdam NU Kota Pasuruan Zulkarnain Mahmud.

Ketua Lakpesdam NU Kota Pasuruan Zulkarnain Mahmud menegaskan seminar ini merupakan upaya menggali potensi dan menyelesaikan problem keumatan.

Berita Menarik Lainnya:  Antrean Kendaraan Berburu Solar Mengular, Pemkab Bondowoso: Kuota Solar Ada Ketentuan

“Ini murni upaya ideologis kami, tanggungjawab sebagai pengurus NU secara moral untuk ikut menyelesaikan problem keumatan NU di pesisir atau nelayan di Kota Pasuruan,” terang Zulkarnain.

Dia menambahkan seminar kali ini diikuti banyak element masyarakat baik kelompok nelayan, aktivis NU, mahasiswa dan pengurus PCNU Kota Pasuruan untuk bersama mendukung pembangunan maritim di Kota Pasuruan.

“Kita punya modal dua legacy besar dalam dunia maritim yaitu kebijakan PBNU tentang kampung binaan nelayan dan program Kembang Giri Pemkot Pasuruan. Dua legacy ini membangun optimisme kami dalam wilayah strategis Gus Ipul yang menjadi Wali Kota sekaligus Sekjen PBNU,” pungkasnya.

Sementara itu banyak harapan dari nelayan dan warga pesisir Kota Pasuruan menunggu langkah nyata hasil dari seminar kali ini.

“Kita ingin ada langkah nyata yang diawali Lakpesdam NU. Pesisir Kota Pasuruan harus segera mendapat sentuhan program demi terwujudnya kawasan maritim sejahtera,” sergah Gufron, warga Tambaan Pesisir.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280