Jalur Bromo Via Probolinggo Longsor, Akses Jalan Sempat Tertutup

Jalur Bromo Via Probolinggo Longsor, Akses Jalan Sempat Tertutup
Longsor terjadi di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo atau jalur menuju Gunung Bromo
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM – PROBOLINGGO – Jalur menuju wisata Gunung Bromo di Desa Wonokerto, Kecamatan Sukapura, Kabupaten Probolinggo kembali longsor Senin (14/3/2022) malam. Longsor tersebut, dikarenakan intensitas hujan tinggi.

Longsoran dengan material tanah itu, terjadi juga karena tanah tak kuat menahan beban air. Alhasil, longsoran itu membuat jalan hampir tertutup sepenuhnya.

Bacaan Lainnya

Dibantu warga setempat, petugas gabungan dari Polsek Sukapura, Koramil, BPBD, Tagana melakukan pembersihan material lumpur. Termasuk, mendatangkan alat berat karena material lumpur cukup banyak.

Berita Menarik Lainnya:  Cek Cok Saat Merumput, Nyawa Melayang

Menurut Kapolres Probolinggo, AKBP Teuku Arsya Khadafi yang menerima laporan adanya bencana itu segera merespon dengan menggerakkan personel yang ada di wilayah terdampak untuk koordinasi dengan Pemerintahan Kabupaten Probolinggo membersihkan material tanah.

“Tebing longsor pukul 00.30 WIB, tumpukan tanah menutupi jalan raya jalur wisata Gunung Bromo. Kemarin sejak pagi hingga sore warga dibantu petugas gabungan membersihkan material tanah dan saat ini jalur wisata bromo sudah bisa dilintasi,” ucap Kapolres.

Ads

Sejumlah anggota Polres Probolinggo bersama Kodim 0820 Probolinggo menggelar kerja bhakti dan melakukan pengaturan lalu lintas di lokasi longsor. Dibantu dengan mendatangkan alat berat dari Pemkab Probolinggo melakukan pembersihan material.

Berita Menarik Lainnya:  Kuliah Hybrid Beri Angin Segar Bagi Usaha di Sekitar Kampus

“Alat berat dari Pemkab Probolinggo pun didatangkan untuk membantu melakukan pembersihan material dan saat ini arus lalu lintas bisa kembali normal dan lancar,” tambah Arsya.

Ads

Pihaknya juga mengimbau warga setempat maupun wisatawan Gunung Bromo yang hendak melintasi jalur itu agar lebih berhati-hati karena sering terjadi hujan deras dan rawan longsor.

Sementara itu, Bambang salah satu relawan juga ikut membersihkan material longsor mengaku kejadian ini dalam sudah kedua kali. Sebelumnya juga pernah terjadi yakni Sabtu, (12/03/2022) lalu.

“Sudah dua kali dalam sebulan ini, Alhamdulillah cepat teratasi karena semua pihak gotong royong. Semoga tidak terjadi kembali,” ucap Bambang yang juga anggota Tagana ini.

Berita Menarik Lainnya:  Kemendag RI Bersama Polri Akan Tindak Tegas Mafia Migor

Atas aksi gotong-royong petugas gabungan tersebut, akses jalur Bromo melalui Probolinggo kini kembali lancar. Para pengendara baik roda dua maupun empat sudah bisa lewat normal.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800