ITS Gagas Aplikasi SR-Farmer, Bantu Produktivitas Petani Indonesia

ITS Gagas Aplikasi SR-Farmer, Bantu Produktivitas Petani Indonesia
User app flow dan feature view fitur Logbook dan Rice Farmer Guide pada aplikasi SR-Farmer yang dirancang tim mahasiswa ITS untuk memudahkan petani melakukan produksi padi yang berkelanjutan.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA – Masih banyak para petani di Indonesia yang mengalami kesulitan dalam produktivitasnya, terlebih pada penguasaan pertanian (farming) yang sangat minim dikarenakan beberapa hal.

Melatarbelakangi hal tersebut, tim mahasiswa Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) menggagas aplikasi bernama SR-Farmer (Successful Rice Farmer) guna meningkatkan produksi pangan yang berdasarkan pada teknologi.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Wow, Ekonomi Jatim Tumbuh 5,20 Persen Kuartal I, di Atas Nasional 5,01 Persen

Mereka adalah para mahasiswa dari program sarjana ITS angkatan 2020. Terdiri dari Andry Prasetyo (Departemen Fisika), Aulia Amjad Luthfi (Departemen Teknik Elektro), Cindi Dwi Pramudita (Departemen Teknik Informatika), Regita Prameswari (Departemen Teknik Kimia Industri), dan Abima Aunur Rochman (Departemen Statistika).

Selaku ketua tim, Andry Prasetyo menjelaskan bahwa ide ini dirancang untuk membantu para petani mengatasi berbagai masalah, mulai dari rendahnya penggunaan teknologi oleh petani, sulitnya mendapatkan pupuk, pestisida, hingga pedoman bercocok tanam yang benar.

Berita Menarik Lainnya:  Pondok Pesantren Nurul Jadid Kerjasama dengan PT PJB Paiton

“Selain menguntungkan bagi petani, aplikasi ini juga dapat menguntungkan berbagai pihak internal dan eksternal yang akan menggunakan dan berkontribusi di aplikasi tersebut,” papar Andry.

Lebih lanjut, menurut Andry, aplikasi ini juga menyediakan delapan fitur utama yang dapat digunakan oleh petani Indonesia, di antaranya adalah fitur belanja, layanan teknologi pertanian, logbook, padar beras, mentor, fitur ekspor pertanian, ruang diskusi petani, dan petunjuk teknis petani.

Berita Menarik Lainnya:  Pemkab Asahan Sidak ke Pasar Tradisional

“Fitur yang disediakan sudah disesuaikan dengan kebutuhan para petani dan ditambahkan sedikit teknologi,” jelasnya.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280