Isi Pesan Gubernur Khofifah kepada 1300 Peserta Perkemahan Moderasi Beragama

Moderasi Beragama
Gubernur Jatim Khofifah saat foto bersama 1.300 peserta Perkemahan Moderasi Beragama yang digelar Kementerian Agama RI
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-MOJOKERTO- Gubernur Jawa Timur Khofifah Indar Parawansa, menyampaikan pesan khusus di hadapan 1.300 peserta Perkemahan Moderasi Beragama yang digelar Kementerian Agama RI di kawasan Ubaya Training Centre (UTC), Trawas, Mojokerto Senin (29/8/2022) sore.

Peserta Perkemahan Moderasi Beragama (PMB) berasal dari Jawa Bali. PMB digelar sejak tanggal 28 hingga 31 Agustus 2022.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  BRI Liga 1 Pekan ke-20, Bhayangkara FC Pimpin Klasemen

Peserta PMB adalah para penyuluh agama baik agama Islam, Kristen, Katolik, Hindhu dan Budha. Ditambah perwakilan berbagai ormas agama serta perguruan tinggi se-Jawa Bali.

Gubernur Khofifah titip tiga pesan khusus kepada peserta PMB. Pertama, pentingnya mewujudkan mutual understanding (saling membangun kesepahaman) dari setiap elemen strategis. Sehingga perlu saling menemukenali dan memahami satu entitas dengan entitas lainnya.

Berita Menarik Lainnya:  Safari Jumat, Bupati Bondowoso Ajak Warga Kasemek Pererat Silaturahmi

“Di tengah suasana yang penuh harmoni ini. Kita harapkan bisa saling membangun kesepahaman antara satu sama lain. Sebab, kesepahaman inilah yang mendasari semua hal agar tidak mudah salah faham,” tukasnya.

Kedua, perwujudan mutual trust (saling percaya) satu dengan yang lain. Tujuannya adalah agar seluruh elemen bisa saling membangun kepercayaan. Dan ketiga adalah perwujudan mutual respect yang mendorong rasa saling menghormati dan menghargai satu sama lain.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati Bondowoso Serahkan SK Ratusan Calon ASN

“Tidak bisa orang saling percaya, saling menghormati dan menghargai kalau tidak disandari oleh kesepahaman yang komprehensif,” pesan Gubernur Khofifah.

Indonesia dengan 714 suku bangsa, tentu memiliki tantangan tersendiri dalam menjaga persatuan dan kesatuannya.

Dengan Bhineka Tunggal Ika, dirinya yakin bahwa kebersamaan itu bisa terus terjaga. Dan melalui proses kemah untuk membangun moderasi beragama menurutnya sebagai pertemuan yang sangat strategis.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280