HUT ke-77 RI, 545 Warga Binaan Lapas Probolinggo Diberi Remisi

545 WBP Lapas Probolinggo peroleh remisi
545 Warga Binaan Pemasyarakatan di Lapas Probolinggo peroleh remisi HUT ke-77 RI. (Foto: Rahmad)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-PROBOLINGGO – Sebanyak 545 warga binaan pemasyarakatan (WBP) atau narapidana di Lembaga Pemasyarakatan (Lapas) Kelas IIB Probolinggo, mendapatkan remisi Hari Kemerdekaan ke-77 Republik Indonesia .

Sebanyak 545 WBP itu, diusulkan per tanggal 1 Agustus 2022 dengan klasifikasi, remisi 1 bulan 88 orang, remisi 2 bulan 79 orang, remisi 3 bulan 279 orang, remisi 4 bulan 63 orang, remisi 5 bulan 28 orang, dan remisi 6 bulan 8 orang.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Ini Manfaat BPJS Naker Nelayan, Wali Kota Probolinggo Serahkan Rp42 Juta untuk Ahli Waris Pencari Kerang
banner 1024x1366

Hal tersebut, disampaikan Kalapas Risman Somantri dalam laporannya, Rabu (17/8/2022) sekira pukul 08.00 WIB di Lapas Jalan Trunojoyo.

Remisi itu, dihadiri langsung Wali Kota Probolinggo, Hadi Zainal Abidin beserta jajaran Forkopimda.

“Berdasarkan jenis tindak pidana, trafficking 1 orang, korupsi 2 orang, narkotika 306 orang, dan lain-lain 2 orang, pidum 234 orang,” terang Risman.

Lanjutnya, per tanggal 17 Agustus 2022 ada yang keluar bebas sebanyak 9 orang. Sedangkan narapidana anak 1 orang.

Penyerahan remisi secara simbolis juga diberikan Wali Kota Probolinggo Hadi Zainal Abidin yang didampingi Kalapas Risman kepada 4 orang perwakilan narapidana.

Berita Menarik Lainnya:  Sempat Tutup, Pusat Oleh-oleh Probolinggo Siap Dibuka Kembali

Tak hanya itu, Habib Hadi sapaan akrab Wali Kota Probolinggo itu, juga memberi wejangan pada WBP.

“Karena manusia tidak lepas dari ujian. Jika ujian apabila kita dilalui dengan baik, Insya Allah akan kita hadapi dengan lapang dada. Pesan saya pada warga binaan semuanya yang mendapatkan remisi atau pun tidak, dalam momen ini janganlah berkecil hati,” jelasnya.

Habib Hadi menegaskan, remisi tersebut didapatkan melalui proses dan tidak serta merta setiap warga binaan diberi remisi.

Jika memiliki perilaku buruk selama di lapas, tidak akan diberi remisi. Dia meminta warga binaan tidak berkecil hati karena masih ada keluarga yang mencintai dan menunggu di rumah.

Berita Menarik Lainnya:  Pejabat Eselon II Pensiun, Plt di Lingkungan Pemkab Bondowoso Bertambah

“Bagi yang mendapat remisi atau tidak, masih ada harapan, kesempatan untuk bisa hidup di masa mendatang dan apa yang dialami ini menjadi bahan instrospeksi di mendatang,” ucapnya.

Pihaknya juga turut mengapresiasi pada lapas kelas II B itu terkait edukasi bermanfaat pada warga binaan yang telah menghasilkan dekorasi taman, keterampilan dan informasi.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280