Hadir di Wilayah Tenggara Bojonegoro, RSUD Kepohbaru Siap Layani Sepenuh Hati

Hadir di Wilayah Tenggara Bojonegoro, RSUD Kepohbaru Siap Layani Sepenuh Hati
Bupati Bojonegoro Anna Mu'awanah, menghadiri langsung peresmian RSUD Kepohbaru.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BOJONEGORO – Bermula dari Puskesmas non perawatan yang didirikan oleh Pemkab Bojonegoro sejak 1950, kini Puskesmas Kepohbaru menjelma menjadi RSUD Kepohbaru, sebagai Rumah Sakit kelas D yang sangat potensial untuk dikembangkan sebagai pusat pelayanan kesehatan rujukan di wilayah tenggara Kabupaten Bojonegoro yang berbatasan dengan 4 Kecamatan dan wilayah Kabupaten Lamongan.

Senin (07/03/2022) RSUD Kepohbaru hadir perdana dan diresmikan secara langsung oleh Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah yang ditandai dengan pelepasan burung merpati bersama Forkopimda.

Bacaan Lainnya

RSUD Kepohbaru berdiri di atas lahan seluas 7614 m² dengan luas bangunan 4688 m² serta memiliki 2 lantai yang beralamatkan di Jalan Raya Kepohbaru-Gunungsari No 472, Kecamatan Kepohbaru Kabupaten Bojonegoro.

Berita Menarik Lainnya:  Musdes Golkar Porong, Fathul Bari Siap Tarung di Pileg 2024

Dalam visinya, RSUD Kepohbaru akan menjadikan sebagai layanan kesehatan perorangan yang berkualitas di wilayah tenggara Kabupaten Bojonegoro, dengan moto yang selalu dipegang teguh yaitu ” melayani dengan sepenuh hati.”

Tujuan dan kebijakan umum, operasional, dan strategi telah ditetapkan RSUD Kepohbaru agar dapat memberi pelayanan prima, serta berkontribusi bagi SDM di wilayah sekitar untuk turut andil dalam pengembangan RSUD Kepohbaru, sehingga visi misi RSUD Kepohbaru dapat memberikan dampak yang besar dalam koridor memberikan pelayanan kesehatan bagi seluruh lapisan masyarakat.

Sebagai dukungan atas penyelenggaraan Pemerintah Kabupaten Bojonegoro di bidang pelayanan kesehatan, telah disusun struktur organisasi yang terdiri dari Direktur RSUD Kepohbaru, dr Vera Agustina, sub bagian TU, seksi pelayanan medis, seksi asuhan keperawatan, dan kelompok jabatan fungsional.

Adapun dalam menunjang pelayanan kesehatan, RSUD Kepohbaru memiliki kapasitas tempat tidur sejumlah 50, serta unit-unit, jenis pelayanan kesehatan yang meliputi :

1. Pelayanan kesehatan umum.
2. Pelayanan kesehatan gigi.
3. Pelayanan kesehatan anak.
4. Pelayanan kebidanan dan kandungan.
5. Pelayanan bedah.
6. Pelayanan penyakit dalam.
7. UGD 24 jam.
8. Farmasi.
9. Laboratorium.
10. Instalasi radiologi.
11. Instalasi gizi.
12. Ambulance.
13. Pelayanan rawat inap.
14. Pelayanan persalinan.

Berita Menarik Lainnya:  Latih Keterampilan Siswa, SMA Khadijah Gelar MTC 2022

Semua program dan kegiatan yang dilaksanakan oleh RSUD Kepohbaru diharapkan mampu memenuhi kebutuhan layanan kesehatan masyarakat di wilayah Kecamatan Kepohbaru dan sekitarnya untuk memperoleh pelayanan kesehatan secara maksimal.

Kepala Dinas Kesehatan Bojonegoro Ani Pujiningrum menyampaikan, latar belakang pengembangan RSUD kelas D Kepohbaru merupakan wujud implementasi serta komitment Pemkab Bojonegoro yang meraih predikat UHC (universal health coverage) di 2020 lalu di mana capaian penduduk yang sudah terkafer oleh BPJS Kesehatan sebesar 98,66%. Hal tersebut sesuai arahan Bupati Bojonegoro harus diimbangi dengan pelayanan kesehatan yang bermutu.

Oleh karena itu, keberadaan RSUD Kepohbaru diharapkan dapat mendekatkan akses pelayanan kesehatan, terutama akses pelayanan kesehatan rujukan bagi masyarakat Bojonegoro di wilayah tenggara serta menjadi alternatif bagi masyarakat luar Kabupaten Bojonegoro yang berbatasan dengan Kecamatan Kepohbaru yakni Kabupaten Lamongan dan sekitarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Siapkan Pelaksanaan Pilkades Serentak, Pemkab Gelar Sosialisasi pada 171 BPD

Bupati Bojonegoro Anna Mu’awanah menyampaikan dengan telah diresmikan RSUD Kepohbaru, serta terpenuhinya SDM, dan sarana prasana yang mendukung, tenaga medis diminta memberikan pelayanan yang prima dan ramah terhadap pasien, serta memberikan kepercayaan kepada masyarakat sehingga pasien mendapatkan keyakinan untuk berobat dan konsultasi.

Dengan didukung sarana prasana jalan yang sudah baik, sehingga dapat menarik pasien dari Lamongan wilayah barat yang diharapkan dapat membantu untuk berobat.

“Mari kita tingkatkan pelayanan ini, agar dapat mengurangi obat sehingga dapat mendukung penanganan pengobatan kesehatan,” ujar Bupati.

Bupati menambahkan ke depan Pemkab Bojonegoro akan menyiapkan rumah sakit spesialis dari beberapa bidang kesehatan yang bertempat di Kalitidu, sehingga dapat menarik pasien di beberapa wilayah barat.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280