Gelar Panggung Boneka Polisi, Cara Satlantas Polres Jombang Tanamkan Disiplin Anak Sejak Dini

Gelar Panggung Boneka Polisi, Cara Satlantas Polres Jombang Tanamkan Disiplin Anak Sejak Dini
Tampak keseruan anak TK Islam terpadu Ar-Ruhul Jadid Jombang, ketika mengikuti acara polisi sahabat anak yang digelar oleh Sat Lantas Polres Jombang.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Sejumlah anggota kepolisian dari Satuan Lalu Lintas Kepolisian Resort Jombang, menggelar panggung boneka polisi sahabat anak di Taman Kanak-kanak (TK) Islam terpadu Ar-Ruhul Jadid pada Selasa (22/3/2022).

Gelaran panggung boneka polisi itu dimulai sejak pagi. Terlihat4 anggota polisi yang mendadak langsung jadi guru di hadapan sejumlah siswa dan siswi. Dengan didampingi boneka polisi dan Covid-19, puluhan anak yang mengikuti kegiatan ini terlihat senang dan riang.

Bacaan Lainnya

Kanit Dikyasa Sat Lantas Polres Jombang Iptu Anang mengatakan bahwa, gelar acara “polisi bersahabat anak” itu merupakan salah satu upaya pihak kepolisian, untuk menanamkan disiplin kepada anak-anak sejak dini.

“Jadi pada intinya, kami selaku polisi sahabat anak untuk memberikan edukasi terhadap anak-anak sejak dini. Ya seperti memberi imbauan dalam berpendidikan, memberikan motivasi, belajar memahami rambu-rambu lalulintas, juga menanamkan disiplin berlalu lintas kepada mereka sejak usia muda ini,” ujarnya kepada Beritabangsa.com.

Berita Menarik Lainnya:  ITS Gagas Aplikasi SR-Farmer, Bantu Produktivitas Petani Indonesia

Di sekolah ini, sejumlah polisi tersebut menjabarkan arti sejumlah rambu-rambu lalu lintas. Dengan menggunakan alat rambu-rambu yang dipegang, polisi ini juga memperagakan boneka untuk tetap menghibur anak-anak agar tetap semangat dan senang.

“Kami juga menjelaskan sekilas tugas dari kepolisian, salah satunya terkait ke lalulintasan. Jadi dengan semua peralatan yang kami bawa, kami jelaskan satu-persatunya kepada mereka. Alhamdulillah mereka tampak senang, selama kami mulai menjelaskan,” jelasnya.

Lanjut Iptu Anang saat disinggung apakah peran tersebut juga salah satu upaya menurunkan angka laka lantas di Kabupaten Jombang. Pihaknya membenarkan dan menjelaskan bahwa, pengaruh baik anak terhadap teman dan keluarganya sangat dibutuhkan.

Ads

“Iya salah satunya untuk menekan angka kecelakaan lalulintas di Jombang. Maka dari itu kami beri pemahaman kepada anak-anak dari sejak usia dini ini, agar ketika mereka melihat teman, kakak, bahkan orang tuanya yang lupa mau tidak bawa helm untuk bepergian, bisa langsung diingatkan. Karena kalau sudah dari anak-anak dini ini yang menyarankan, maka yang lebih tua insyaallah akan sadar dan mengikutinya,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  8 Penjahat Jalanan Diringkus Polsek Asemrowo

Sementara itu pihaknya berupaya agar dari sekitar an 40 anak-anak TK yang ikut acara tersebut hingga usai, bisa menjadi contoh baik kedepannya bagi masyarakat, teman, hingga keluarganya di rumah. Tak hanya itu, Iptu Anang juga sudah memberikan imbauan agar anak-anak untuk tetap jadi anak yang selalu disiplin dan tidak lupa mematuhi protokol kesehatan di masa pandemi Covid-19 yang masih belum usai.

Ads

“Tadi sudah kami motivasi, beri edukasi hingga diceritakan dalam dongeng kepada anak-anak. Harapan kami yang terbaiklah pokoknya, dan di akhir acara dua boneka polisi dan boneka Covid ini memberikan pesan-pesan kepada anak-anak. Yang polisi agar tetap selalu disiplin, sementara boneka Covid agar anak-anak selalu mematuhi prokes,” tandasnya.

Berita Menarik Lainnya:  Ini Paparan Bupati, Membuka Ranwal-RKPD Jombang 2023 Ini

Tak sampai di situ saja, dari kegiatan polisi ini mendapatkan apresiasi langsung dari pihak sekolah setempat. Seperti yang disampaikan salah satu guru perempuan di TK Islam Terpadu Ar-Ruhul Jadid ini, Husada Rafisa

“Tentunya kami sangat berterimakasih banget, sudah bisa mendatangkan polisi – polisi hebat ini. Di mana anak – anak akan lebih disiplin serta memahami tentang cara – cara berlalulintas yang baik dan benar dijalan sebagai modal awal untuk tertib berlalulintas di jalan,” jelas singkat.

Berada di lokasi, raut wajah riang gembira dari puluhan anak sekolah ini terlihat jelas saat mendengarkan penjelasan dari pihak kepolisian di hadapannya.

Mereka juga mendapatkan permen yang diberikan satu persatu selama mengikuti kegiatan tersebut.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800