Gelar Donor Darah, PWI Bondowoso Siap Berkontribusi untuk Pembangunan Daerah

PWI Bondowoso
Kadis Kominfo Pemkab Bondowoso, Ghozal Rawan, saat mendonor di Sekertariat PWI Bondowoso.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-BONDOWOSO – Persatuan Wartawan Indonesia (PWI) Kabupaten Bondowoso, Jawa Timur, menggelar bakti sosial donor darah, di Sekretariat PWI setempat, Jalan Zainal Arifin nomor 2 Kauman, Kamis (31/3/2022).

Kegiatan ini merupakan rangkaian Hari Pers Nasional 2022 (HPN ke-37), dan HUT ke-76 Persatuan Wartawan Indonesia (PWI).

Bacaan Lainnya

Baksos yang digelar setiap tahun ini bekerja sama dengan Unit Transfusi Darah Palang Merah Indonesia (UTD PMI) Kabupaten Bondowoso.

Berita Menarik Lainnya:  Bupati Jember Pimpin Rakor Pemanfaatan Gunung Sadeng

Ketua PWI Kabupaten Bondowoso, Haryono mengatakan, HPN yang diperingati sejak 1985 ini tepatnya jatuh setiap 9 Februari.

Menurutnya, puncak perayaan HPN 2022 secara nasional berlangsung di Kendari Sulawesi Tenggara pada 9 Februari 2022 lalu.

Ada tiga tujuan penyelenggaraan HPN, yaitu berkontribusi kepada pembangunan di daerah, menyuarakan kepentingan nasional, dan membahas isu-isu strategis terkait kehidupan pers nasional.

“Oleh karena itu, salah satu kontribusi untuk pembangunan daerah. Kami PWI Bondowoso menggelar baksos donor darah ini,” kata dia saat dikonfirmasi.

Di samping itu kata Haryono, tentu sudah menjadi keharusan bagi PWI untuk menyuarakan kepentingan publik melalui produk jurnalistik.

“Kami tetap bersikap kritis, dalam rangka kemaslahatan bersama. Tentu tak cukup di situ, kami juga siap membantu di luar tugas kami sebagai insan pers. Salah satunya seperti baksos ini,” jelas dia.

Berita Menarik Lainnya:  Wow... Sindikat Perjokian UTBK SBMPTN Dibongkar Jatanras Polrestabes

Jurnalis Harian Duta Masyarakat ini mengungkapkan, bahwa PWI Bondowoso rutin menggelar baksos donor darah setiap tahun.

“Di momen HPN 2020 lalu kita juga sukses menggelar donor darah. Pada 2021 tidak bisa melaksanakan karena masih kondisi kedaruratan Covid-19. Baru tahun ini bisa melaksanakan lagi setelah pandemi mereda,” ungkapnya.

Pihaknya menargetkan, pada kegiatan ini bisa terkumpul minimal 100 kantong darah. Mengingat permintaan darah dari rumah sakit di Bondowoso bulan lalu sempat meningkat, karena kasus demam berdarah.

“Maka kami semaksimal mungkin menginformasikan kegiatan ini kepada mitra kerja PWI, dan masyarakat secara luas. Termasuk melalui platform media sosial” jelas Ketua PWI Bondowoso dua periode ini.

Berita Menarik Lainnya:  Pemprov Jatim Juara Umum Wana Lestari 2022, Khofifah : Urip Iku Urup!

Baksos donor darah ini digelar sebagai salah satu wujud, bahwa insan pers khususnya anggota PWI juga punya jiwa gotong-royong di luar tugasnya sebagai jurnalis. Selain itu juga dalam rangka membantu ketersediaan stok darah di Bondowoso.

“Karena setetes sumbangan darah kita akan sangat berguna bagi keselamatan jiwa seseorang,” paparnya.

Adapun ketersediaan darah di UTD PMI Bondowoso per tanggal 30 Maret sebanyak 243. Dengan rincian golongan A sebanyak 67; golongan B 32; golongan AB 17; dan golongan O 127.

Selain baksos donor darah, PWI Bondowoso juga berencana menggelar baksos penyaluran sembako dan minyak goreng, doa bersama bupati dan khotmil Alquran dalam momentum HPN 2022 ini.

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280