Dinas PKH Malang Siap Mendukung Peternak Sapi Perah

Dinas PKH Malang Siap Mendukung Peternak Sapi Perah
Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan, Nurcahyo (kiri) saat berdialog dengan Kepala Desa Kemiri, Dudung R (membelakangi lensa) saat meninjau peternakan sapi perah.
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-MALANG – Peternakan sapi perah di Kabupaten Malang sangat besar. Otomatis meningkatkan produksi susu murni. Pemerintah Kabupaten Malang melalui Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan (PKH), siap mendukung dan membantu menyelesaikan apapun soal teknis pemeliharaan, perawatan dan produksi susu.

Kepala Dinas Peternakan dan Kesehatan Hewan Kabupaten Malang, Nurcahyo, melihat prospek peternakan sapi perah di Malang cukup bagus dengan produksi susu sapi terbesar di Jatim.

Bacaan Lainnya

“Di Kabupaten Malang mampu memproduksi 440 ton susu per hari dengan jumlah sapi perah sebanyak 68 ribu ekor,” kata Nurcahyo di lokasi peternakan sapi perah di Desa Kemiri Jabung, Selasa (22/3/2022).

Berita Menarik Lainnya:  Polemik Pernyataan Menag, Gus Syafiq: Publik Diminta Waspadai Framing Media

Dari 68.000 ekor populasi sapi perah di Kabupaten Malang ini, dan yang berpotensi laktasi tembus 60 persen.

“Jadi jumlah populasi sapi perah yang ada di Kabupaten Malang yang masuk katagori sapi perah masa rentangan waktu menghasilkan susu sekutar 60 persen atau sekitar kurang lebih 40 ribuan,” terang Nurcahyo.

Pihaknya sengaja datang ke Desa Kemiri ingin melihat langsung sapi perah milik warga dan Kepala Desa Kemiri terkait produksi susu dan kesehatan sapi.

“Setelah saya melihat peternakan sapi perah di sini (Desa Kemiri) geliatnya para peternak untuk memproduksi susu cukup besar, terbukti kehadiran Pak Dudung Kades Kemiri ini masih eksis memelihara sapi perah dengan jumlah produksi susu 380 liter per hari,” jelasnya.

Ads

Keinginan Kades Kemiri ini, lanjut Nurcahyo, ingin susu hasil produksi di peternakannya bisa menjadi susu olahan yang bisa meningkatkan nilai pasar yang lebih tinggi.

Berita Menarik Lainnya:  Pemkab Bangkalan Kebut Vaksinasi Anak

“Kades Kemiri ingin hasil produksi susu bisa menjadi susu olahan dan UHT yang bisa meningkatkan nilai tambah, karena Desa Kemiri punya anggaran untuk ketahanan pangan yang salah satunya fokusnya di Dinas Peternakan,” bebernya.

Ads

Pemkab Malang akan memberikan suport bagi para peternak sapi perah untuk mendapatkan bantuan.

“Namun bantuan dari Pemerintah Pusat dan Kabupaten Malang dapat diberikan bagi peternak yang mempunyai kelompok yanng bidang usahanya pertanian dan peternakan,” tandas pria yang pernah menjabat Kepala Bagian Hukum ini.

Sementara itu, Kades Kemiri, Dudung R, mengatakan ke depannya peternakan ini dapat dikembangkan dengan bekerjasama dengan BumDes di Desa Kemiri.

“Kami sudah melakukan kerjasama dengan Kampung Bendora di Tangerang untuk pemasaran produksi susu dari desa kami, dan perlu diketahui kerjasama ini juga diketahui oleh Wali Kota Tangerang. Produksi susu di desa kami ini sehari 380 liter dari 15 ekor sapi perah yang kami miliki,” imbuh Dudung.

Berita Menarik Lainnya:  Kades Sumber Jeruk Pimpin Langsung Satgas Covid Verifikasi Penerima BLT-DD

Untuk kerjasama dengan Pemkab Malang, pihaknya sangat berharap mendapatkan peralatan untuk pengelolaan susu Ultra High Temperatur.

“Yang nantinya berfungsi agar susu tidak mudah rusak dan tahan sampai 1 tahun, dan yang terakhir ada bantuan sapi terutama sapi perah untuk kelompok tani di Desa Kemiri,” pungkas Dudung.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800