Debit Banjir Tak Kunjung Surut, Begini Reaksi Warga Trawasan Jombang Kala Dapat Bantuan

Debit Banjir Tak Kunjung Surut, Begini Reaksi Warga Trawasan Jombang Kala Dapat Bantuan
Tampak sejumlah petugas BPBD Jombang, ketika menyalurkan bantuan logistik terhadap warga terdampak banjir di Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang. (Foto: Fa'iz)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Debit banjir di Desa Trawasan, Kecamatan Sumobito, Kabupaten Jombang tak kunjung surut. Ketinggian air dari luapan sungai Ngotok Ring Kanal ini, masih setinggi dada orang dewasa.

Sejumlah warga di 31 rumah dua dusun diantaranya Dusun Trawasan dan Gebangsari ini, terpantau masih berdiam diri di halaman rumahnya masing-masing. Tak ada aktivitas selain mengantisipasi adanya banjir lanjutan.

Bacaan Lainnya

Badan Penanggulangan Bencana Daerah (BPBD) Jombang, bersama Pemerintah Desa Trawasan telah menggelontorkan sejumlah bantuan logistik terhadap warga yang rumahnya masih terendam banjir ini. Bantuan berupa makanan serta minuman ini, disalurkan Jumat (11/3/2022) sore.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolres Tanjung Perak Pimpin Apel Pergeseran Pasukan Untuk Pengamanan TPS Pilwali 2020

Dengan memakai perahu karet, sejumlah petugas dari BPBD dan Pemdes Trawasan ini mengunjungi setiap rumah di kawasan banjir. Sementara warga yang terdampak, terlihat sudah siap menunggu di halaman rumahnya. Tampak senang raut wajah warga yang hendak mendapat bantuan logistik ini.

Seperti yang dialami Mujiati, warga setempat. Perempuan yang usianya tak lagi muda ini terlihat sangat bersyukur, saat menerima sekotak nasi plus minuman segar. Kata Mujiati, seharian keluarganya tidak memasak.

“Sehingga untuk sarapan ya nunggu bantuan ini, Alhamdulillah senang saat diberikan bantuan. Kalau ditanya soal dampak dari datangnya banjir ini, banyak. Mulai dari tidak bisa masak, hingga tak bisa bekerja ini Mas. Ya hanya berselonjor saja di depan rumah,” ujarnya kepada Beritabangsa.com.

Ads

Bahkan repotnya lagi ketika cucunya sedang nangis sehingga dia kebingungan.

Berita Menarik Lainnya:  Sinergi dengan Satgas Pangan dan Bea Cukai, Kemendag Gagalkan Ekspor Migor ke Timor Leste

“Yang kecil ini nangis terus, sampai bingung mau dibawa ke mana. Sedangkan halaman rumah dan di dalam rumah masih tinggi airnya. Kalau di jalan ini kedalamannya masih dalam, sampai perut ini,” jelas perempuan berusia 60 tahun ini.

Sementara itu pihaknya berharap agar pemerintah tidak berhenti menggelontorkan bantuan karena sangat diperlukan, apalagi kondisi debit banjir tak kunjung surut.

“Ya semoga bantuannya terus dibagikan Mas. Dan juga semoga segera surut juga airnya, dan tidak terjadi hujan deras hingga banjir lagi nanti,” imbuhnya.

Ads

Di tempat yang sama, Maulida, Sekretaris Desa Trawasan, ikut dalam pembagian bantuan logistik ini, dan memastikan semua warga terdampak banjir sudah menerima bantuan secara merata.

“Insya Allah sudah dapat semua bantuannya. Ada 350 nasi dengan minumannya sudah diberikan kepada warga terdampak banjir. Kami mendatangi secara langsung rumah warga, mengenakan perahu karet ini. Karena banjir masih tinggi,” katanya.

Berita Menarik Lainnya:  Kapolsek Semampir Pimpin Apel Pam di Malam Hari Natal

Tak sekali bantuan telah digelontorkan. Kata perempuan berusia 25 tahun ini sudah kali kedua. Bantuan pertama di pagi hari, yang ke dua diberikan sore hari menjelang malam ini.

Namun saat disinggung soal apakah bantuan itu akan berlanjut. Pihaknya tidak bisa memastikan, karena pihaknya belum mengetahui.

“Mungkin berlanjut, tapi belum tahu juga ya Mas. Ya berharap semoga air segera surut saja,” pungkasnya.

Berdasarkan pantauan Beritabangsa.com di Desa Trawasan ini, tampak lengang. Sejumlah warga hanya berdiam diri di halaman rumah masing-masing. Cuaca sore itu mendung, dan udara terasa dingin.

Sejumlah warga sesekali melintas memakai perahu buatan dari pohon pisang menyusuri banjir, sambil melihat situasi.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800