Begini Cara Tidar Peringati Hari Kemerdekaan

PC Tidar
Ketua PC Tidar Sidoarjo Aulia Giovanie Kadarsan (Kaos Putih) saat berdiskusi dengan Legiun Veteran Sidoarjo
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SIDOARJO- Pengurus Cabang (PC) Tunas Indonesia Raya (Tidar) Kabupaten Sidoarjo melakukan napak tilas dengan dikemas diskusi mengundang anggota Legiun Veteran Republik Indonesia (LVRI).

Kegiatan ini sekaligus dalam rangka memperingati HUT RI ke- 77, bertempat di ekopilagi Kav DPR lll no 169 Pagerwojo Buduran, Minggu (14/08/2022).

Bacaan Lainnya
banner 1024x1366

Napak tilas kali ini dihadiri Ketua LVRI Sidoarjo Letkol Infantri Purn H Achmad Nasikun, Sekretaris PD Tidar Jatim, H Ahmad Maududi (Gus Dodi), Ketua Umum PC Tidar Aulia Giovanie Kadarsan dan tamu undangan lainnya.

Berita Menarik Lainnya:  Puan: Waisak Momentum Refleksikan Pentingnya Saling Bantu dan Jaga Kerukunan

Ketua panitia Napak Tilas Rahma Putri Nilam Sari memaparkan acara napak tilas sengaja mengundang veteran, untuk mendengar langsung bagaimana susahnya berjuang di medan pertempuran.

Selanjutnya dari apa yang dialami oleh Veteran baik itu semangat, kegigihan dan pengorbanannya bisa diadopsi oleh para generasi muda untuk mengisi kemerdekaan dengan hal-hal yang positif.

“Setidaknya dalam menjalankan kehidupan kita tidak mudah putus asa, apa yang kita alami tidak ada apa-apanya dengan apa yang dilakukan para pejuang kemerdekaan,” katanya dengan penuh semangat.

Acara diskusi diawali dengan pemaparan dan pengalaman Ketua LVRI Sidoarjo Letkol Infantri Purn H Achmad Nasikun, menjadi prajurit perang dalam merebut Kemerdekaan RI. Nasikun bercerita sebagai prajurit TNI, dia siap dan sigap dalam menjalankan tugas di manapun tempatnya.

Termasuk dalam bertugas operasi Seroja sebagai Kopaskus untuk merebut Timor Timur bersama mantan Gubernur Jatim almarhum Mayjen TNI Moch Basofi Sudirman.

Berita Menarik Lainnya:  DKM Al Haq Tetapkan RAPB 2022 Sebesar Rp1,08 Miliar

Nasikun mengatakan, seharusnya para pemuda sekarang tetap menjiwai menyemangati nilai-nilai perjuangan yang dilakukan oleh para pejuang.

Tugas pemuda, terutama Tidar Sidoarjo ini, sebagai penerus bangsa, hendaknya juga bisa menjadi teladan kepada saudara-saudara yang lain untuk kepentingan mengisi bangsa dan negara ini dengan baik.

“Tidar Sidoarjo harus bisa menjadi contoh yang baik agar semakin banyak masyarakat yang kagum,” cetusnya.

Nasikun juga bangga dan senang diundang oleh Tidar, karena berarti generasi muda yang ada di Tidar ini masih peduli dan terus mengingat kegigihan para pejuang dalam merebut kemerdekaan.

Sementara Ketua Umum PC Tidar Sidoarjo Aulia Giovanie Kadarsan menambahkan sengaja ingin melibatkan atau para veteran perang yang berasal asli dari Sidoarjo untuk menunjukkan semangat juang para pemuda pemuda khususnya di Sidoarjo.

Berita Menarik Lainnya:  LP Maarif NU Bentuk Satgas Anti Perundungan Seksual

Acara napak tilas ini untuk mengeratkan silaturrahmi dan menumbuhkan kembali sikap bela bangsa dan bela negara. Melihat perjuangan para pejuang dengan taruhan hidup dan mati, sebagai generasi bangsa harus mengisi kemerdekaan ini sesuai dengan harapan.

“Pemuda harus mempunya rasa itu dan tidak boleh mempunyai sifat dan sikap sebaliknya,” ujarnya.

Aulia menambahkan, napak tilas ini dilakukan untuk membangun semangat anak muda. Betapa sulitnya perjuangan para pejuang terdahulu.

“Ke depan saya berharap kita bisa mendapatkan semangat perjuangan yang lebih besar lagi dan bisa memajukan Indonesia ini lewat semangat generasi ke generasi penerus bangsa,” pungkasnya.

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

banner 600x310

Pos terkait

banner 1024x1280