11 April di Jombang, Puluhan Mahasiswa Geruduk Kantor DPRD, Ini yang Dituntut

11 April
Tampak puluhan mahasiswa di Jombang, ketika gelar aksi demo di halaman kantor DPRD Jombang, Senin (11/4/2022). (Foto: Fa'iz)
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-JOMBANG – Demo 11 April 2022, juga terjadi di Kabupaten Jombang. Puluhan mahasiswa yang tergabung dalam Ikatan Badan Eksekutif Mahasiswa Jombang (IKABEMJO) memadati halaman kantor Dewan Perwakilan Rakyat Daerah (DPRD) Jombang pukul 10.00 WIB.

Dengan mengenakan seragam almamater dari berbagai perguruan tinggi di Kabupaten Jombang, para demonstran membeber poster bernada kritikan dan sindiran. Aksi dari 50 an mahasiswa ini, dimulai dari Ringin Contong Jombang.

Bacaan Lainnya

Mereka kemudian menyanyikan lagu-lagu mahasiswa diselingi selawat Nabi. Mereka berjalan kaki di bawah terik sejauh 2 kilometer menuju Gedung Dewan di KH Wahid Hasyim.

Berita Menarik Lainnya:  Mencicipi Kuliner Warung Banjar Jombang, Pedasnya Sambal Gami Bikin Keringetan

Tiba di titik sasaran aksi, perwakilan mahasiswa bergantian melakukan orasi. Tak seberapa lama, Mas’ud Zuremi Ketua DPRD Jombang menemui mahasiswa.

Pemberian sejumlah bunga pun menghiasi aksi mahasiswa ini. Sebagian mahasiswa hingga koordinator aksi diberi bunga aneka warna. Namun, teriakan “kami tidak terlena” terdengar menggema dari mulut mahasiswa.

Koordinator aksi Muhammad Kervin menegaskan ada 3 tuntutan mahasiswa dalam aksinya. Pertama, menolak penundaan pemilu 2024, menolak kenaikan pajak pertambahan nilai (PPN) dan menolak kenaikan harga BBM.

Ads

“Kalau soal wacana penundaan pemilu itu kita tahu semua ya, bahwa Presiden Jokowi sudah merespon. Namun kita menyadari Menteri – menterinya tak respon. Sehingga kami, tetap turun ke jalan untuk menutut itu,” ujarnya kepada awak media di lokasi aksi.

Berita Menarik Lainnya:  Puluhan Mahasiswa Unjuk Rasa Tuntut Transparansi PUPR Pemkab Gowa

Apabila dibiarkan, kata Kervin rakyat akan kian tercekik. Di samping itu, dampak kenaikan harga BBM memukul masyarakat, apalagi kelangkaan solar di sejumlah SPBU.

“Maka dari itu, 3 hal ini tidak bisa dibiarkan. Kami berharap, Wakil Rakyat di Kabupaten Jombang ini mendengar aspirasi kami dan mendukung serta menyampaikan langsung kepada Pemerintah Pusat,” pungkasnya.

Ads

Di tempat yang sama, Ketua DPRD Jombang Mas’ud Zuremi menjawab tuntutan puluhan mahasiswa di kantor wakil rakyat ini. Dia turut mendukung penundaan Pemilu 2024.

“Anggota DPRD bersama saya (Ketua DPRD Jombang Mas’ud Zuremi) juga menolak penundaan Pemilu 2024. Hal itu akan kami bahas di semua fraksi untuk disampaikan ke pusat,” tuturnya dijawab kompak “siap ” dari sejumlah demonstran ini.

Berita Menarik Lainnya:  Wow, Pria di Jombang Ini Berhasil Sulap Daun Pandan Jadi Barang Unik

Menyoal penolakan PPN, pihaknya memastikan tetap akan menyampaikan aspirasi mahasiswa ke pemerintah pusat. Soal harga BBM, Ketua DPRD ini mengaku tidak menghendaki adanya kenaikan harga.

“Kami akan sampaikan ke pemerintah pusat, soal penolakan PPN ini. Yang ketiga kami tidak menghendaki kenaikan harga BBM saat ini. Begitu ya, hidup mahasiswa, hidup rakyat Indonesia,” tandasnya.

Pantauan Beritabangsa.com, aksi mahasiswa ini disikapi Ketua DPRD dengan mau menandatangani tuntutan mahasiswa dan pemberian bunga saat aksi di halaman kantor Dewan.

banner 1024x730

Pos terkait

banner 800x800