Status Gunung Raung Naik, Kapolres Bondowoso Tinjau Langsung Jalur dan Tempat Evakuasi Warga

Beritabangsa.com, Bondowoso – Pusat Vulkanologi dan Mitigasi Bencana Geologi (PVMBG) menaikkan status Gunung Raung di Kabupaten Banyuwangi, Jawa Timur (Jatim) dari Normal atau Level I menjadi waspada atau Level II, sejak Kamis (21/1/2021) pukul 13.00 WIB.

Selain Kabupaten Banyuwangi, sejumlah wilayah di Bondowoso pun turut terdampak. Utamanya, kawasan Kecamatan Sumber Wringin.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Sepekan Pulangnya Pasien, Pihak RSUD Jombang Belum Ada Klarifikasi
banner 1920x1080

Mengetahui ini, Kapolres Bondowoso AKBP Erick Frendriz langsung turun ke lokasi untuk menentukan jalur dan tempat evakuasi bagi warga terdampak.

“Tadi kita tinjau sepertinya ada tiga dusun di dua desa yang kemungkinan terdampak. Karena lokasinya yang sangat dekat dengan Gunung Raung,” katanya.

Ia menerangkan tiga dusun yang dimaksud yakni Dusun Sipanas, dan Dusun Tol Tol di Desa Rejoagung. Kemudian, Dusun Sumber Legan, Desa Sumber Wringin.

Berita Menarik Lainnya:  Akabri 1996 Bagikan Ratusan Paket Sembako ke Pedagang Kaki Lima

Katanya, sudah didata jumlah warga, jumlah ternak, jumlah pemukiman, fasilitas umum yang ada. Bahkan jarak ke puncak Raung berapa juga didata.

“Tujuannya untuk mempermudah proses evakuasi,” ungkap Kapolres Erick didampingi oleh Sekretaris Camat Sumber Wringin Dwi Purnomo.

Ia menyebutkan bahwa rencananya lokasi evakuasi warga terdampak akan ditempatkan di empat titik. Yakni Simpang 3 Plampang, Balai Desa Sukorejo, SMP Negeri 2 Wringin, dan Balai Desa Rejoagung.

Berita Menarik Lainnya:  Dikbud Bondowoso Gelar Pertunjukan Seni dan Budaya Secara Virtual

Termasuk juga, pihaknya mempersiapkan sarana prasarana serta kesiapan petugas TNI, Polri,  Kecamatan, BPBD, dan tenaga kesehatan.

“Semuanya harus sudah disiapkan untuk mengantisipasi apabila sewaktu-waktu terjadi erupsi Gunung Api Raung,” tutupnya.

Reporter : Muslim
Publisher : Ali Wafa

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *