Siapkan Personil, Banser Bagana Lamongan Ugrading Tanggap Bencana

Silahkan Share ke :

Lamongan, Beritabangsa.com – Barisan Ansor Serbaguna Tanggap Bencana (Banser Bagana) merupakan satuan khusus Banser yang mengemban amanah melaksanakan program-program sosial kemasyarakatan GP Ansor serta memiliki kualifikasi khusus di bidang penanggulangan bencana.

Fungsi dan tanggung jawabnya adalah pencegahan bencana, tanggap darurat dan rehabilitasi. Sedangkan tugas garapannya, merencanakan, mempersiapkan, mengkoordinasikan dan melaksanakan penanggulangan bencana.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Status Gunung Raung Naik, Kapolres Bondowoso Tinjau Langsung Jalur dan Tempat Evakuasi Warga
banner 1920x1080

Satuan ini bertanggung jawab melaksanakan tugas dan fungsi penanggulangan bencana serta pembinaan personel.

Sebagai bentuk implementasi untuk meningkatkan kompetensi, Banser bagana Satkorcab Lamongan melaksanakan upgrading dalam pelatihan Tanggap Bencana di Kantor PC Ansor Lamongan, Ahad (20/09/2020).

“Kegiatan ini selain meningkatkan kompetensi anggota juga untuk menyiapkan personel dalam membantu terselenggaranya program-program sosial kemanusiaan dan kemasyarakatan di lingkungan Ansor, NU, dan masyarakat pada umumnya,” tutur Amalan selaku satkorcab Banser Lamongan.

Berita Menarik Lainnya:  Mahasiswa Ubaya Sabet Juara 1 Custom Shoes Competition Berkat Ikon Kota Surabaya

46 personel digembleng dengan berbagai materi untuk melaksanakan program sosial kemanusiaan dalam kerangka penanggulangan bencana sejak masa kesiapsiagaan, mitigasi, tanggap darurat, rehabilitasi, rekonstruksi hingga pemulihan akibat bencana.

Turut berpartisipasi Lembaga Penanggulangan Bencana dan Perubahan Iklim Nahdlatul Ulama (LPBI NU) Cabang lamongan sebagai mitra dalam memberikan materi, sahabat Maghfur, Ainur rofiq, dan Gatot Wibowo (pembina Ansor).

Berita Menarik Lainnya:  Gelar PKL ke-4, PMII Sidoarjo Siapkan Kader Pengawas Anggaran

Amalan berharap, pasca pelatihan banser lamongan siap setiap saat jika sewaktu-waktu dibutuhkan masyarakat yang terdampak bencana.

“Selain itu dengan pembekalan berbagai materi tentang kebencanaan, banser bisa menjadi lebih baik dalam pengabdian dilingkungan sekitar, untuk menjaga dan memelihara kelangsungan hidup organisasi dan jam’iyah Nahdlatul Ulama,” pungkasnya.

Reporter : (Red*)

banner 600x310

Pos terkait