Proyek Rumah Kontainer Bogorami Disegel Pol PP Belum Kantongi IMB, Diduga Masih Terlihat Tukang Kerjakan Pembangunan

Silahkan Share ke :

Surabaya, Beritabangsa.com – Petugas Satuan Polisi Pamong Praja (Satpol PP) Kota Surabaya, menyegel proyek rumah kontainer Bogorami. Karena, Penyegelan dilakukan menyusul pengelola bangunan yang belum mengantongi Izin Mendirikan Bangunan (IMB).

Oleh sebab itu, proyek pemban­gunan rumah kontainer di Jalan Bogorami Surabaya, dis­egel Satpol PP pada hari Senin (05/10/2020) lalu. Namun, kali ini proyek tersebut diduga kembali melakukan aktivitas.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Pada Harlah PMII Ke-61, Gus Ibin : Mari Jadikan Organisasi ini Sebagai Fa’il Bagi Kemajuan Bangsa
banner 1920x1080

Kegiatan pembangu­nan rumah kontainer ini disegel lantaran melanggar Peraturan Daerah (Perda). Pasal 5 ayat 1 Perda 7 Tahun 2009, karena seharusnya sebelum melakukan pembangunan harusnya Izin Mendirikan Bangunan atau biasa dikenal dengan IMB adalah perizinan yang diberikan oleh Kepala Daerah kepada pemilik bangunan untuk membangun baru, mengubah, memperluas, mengurangi, dan/atau merawat bangunan sesuai dengan persyaratan administratif dan persyaratan teknis yang berlaku.

IMB merupakan salah satu produk hukum untuk mewujudkan tatanan tertentu sehingga tercipta ketertiban, keamanan, keselamatan, kenyamanan, sekaligus kepastian hukum. Kewajiban setiap orang atau badan yang akan mendirikan bangunan untuk memiliki Izin Mendirikan Bangunan diatur pada Pasal 5 ayat 1 Perda 7 Tahun 2009.

Berita Menarik Lainnya:  Sholat Gerhana Bulan, Gus Ufik : Mempererat Hubungan Sesama Makhluk Tuhan

Karena IMB akan melegalkan suatu bangunan yang direncanakan sesuai dengan Tata Ruang yang telah ditentukan. Selain itu, adanya IMB menunjukkan bahwa rencana kostruksi bangunan tersebut juga dapat dipertanggungjawabkan dengan maksud untuk kepentingan bersama.

Pantauan awak media di lokasi, stiker penyegelan bertanda “X” tampak didepan proyek Bangunan Kontainer Pembangunan yang melanggar Pasal 5 ayat 1 Perda 7 Tahun 2009. tentang pemban­gunan gedung.

Sementara, Menurut warga Bogorami membenarkan juga bahwa rumah kontainer tersebut sudah disegel oleh satpol PP Kota Surabaya, beberapa hari lalu.

Berita Menarik Lainnya:  Serahkan Hadiah Lomba, Gus Ami Sebut Pentingnya Wadah Pengembangan Potensi Anak Muda

“Tapi, sangat disayangkan, sepertinya walaupun disegel satpol PP, pembangunan rumah kontainer masih kembali melakukan aktivitas pembangunan yang tanpa IMB, dan kadang tampak tukang mondar-mandir dirumah kontainer melakukan kembali perkerjaan dan beraktifitasnya.” kata warga, Minggu (11/10) yang tidak mau meyebutkan namanya, saat memberikan informasi pada awak media.

Intinya, dari warga Bogorami RT. 002 menunggu hasil dari Dinas Cipta Karya,  apapun keputusannya semua warga menerima.

” Ya maas, barusan ada staf RW ketika minta iuran, saya tanya ke dia jawabnya, dari warga minta diturunkan 2 kontainer.” tutur warga, ke awak media Beritabangsa.com.

Reporter : (Umar)

banner 600x310

Pos terkait