Performa Website Handal dengan Web Server Terbaik

Ilustrasi 7 Penyebab Server Website Down dan Cara Mengatasinya
Ilustrasi 7 Penyebab Server Website Down dan Cara Mengatasinya
Silahkan Share ke :

BERITABANGSA.COM-SURABAYA- Masalah yang paling sering dialami oleh website adalah loading lama hingga gagal memuat halaman web, dan website down sehingga tidak bisa diakses. Hal ini menjadi masalah besar di era digital karena orang-orang bergerak dengan cepat dan menuntut kecepatan dari website yang mereka kunjungi.

Dilansir dari Forbes, jika website yang mengalami masalah tersebut adalah website bisnis, tentunya akan berdampak pada kepercayaan pelanggan dan penjualan produk bisa menurun karena pengunjung akan beralih ke website lain. Itu juga berarti bisnis bisa kehilangan trafik dan keuntungan yang jumlahnya mungkin tidak sedikit.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Masalah-masalah tersebut bisa disebabkan oleh software transfer data atau web server yang kurang memadai. Dikutip dari blog Niagahoster, web server merupakan jantung dari sebuah website. Tanpa server yang kuat, kemungkinan besar situs web akan mengalami loading lambat, mudah down, hingga gampang diserang hacker.

Berita Menarik Lainnya:  Demo Buruh Depan Kantor BPJS Surabaya Berujung Ricuh

Fungsi web server cukup berdampak pada performa website. Sehingga dibutuhkan web server terbaik pada website untuk bisa memberikan performa yang handal.

Kecepatan Website Pengaruhi Ranking Google

Kecepatan loading website tidak hanya mempengaruhi trafik dan kepercayaan pengunjung website, tapi ternyata juga berpengaruh pada ranking website di Google. Pada event LiteBites Niagahoster beberapa waktu lalu, La Ode Sahril, Front End Engineer Global Cyber Media, menyampaikan hal tersebut.

“Berdasarkan riset KissMetric, 47% visitor menginginkan loading website tidak lebih dari 2 detik. Di atas 5 detik, mereka sudah akan beralih ke website lain karena sudah malas menunggu. Tapi alasan utama untuk meningkatkan performa website agar lebih gesit adalah karena sekarang speed website sudah berpengaruh terhadap ranking Google. Semakin cepat loading website, semakin bagus pula nilai website di penilaian Google,” ujarnya.

Berita Menarik Lainnya:  Peringati Tahun Baru Islam Masjid Jamik As-Sa'adah Gelar Selawatan dan Ruwat Massal

Akses website yang mobile-friendly juga menjadi salah satu indikator untuk speed index. Ia menambahkan, performa website ketika diakses melalui mobile juga penting. Jika website semakin cepat, tentunya akan semakin menguntungkan bagi website bisnis.

Ada beberapa jenis web server yang memiliki keunggulan masing-masing. Beberapa di antaranya adalah Apache dan LiteSpeed Web Server. Apache cukup populer karena sudah ada sejak 1995 dan memiliki performa yang aman, efisien, dan mudah dikembangkan. Apache digunakan oleh beberapa perusahaan besar seperti LinkedIn dan Facebook.

Sedangkan LiteSpeed Web Server merupakan web server yang dikenalkan sejak 2002, namun sudah cukup handal dalam hal kekuatan dan kecepatan. “Kombinasi LiteSpeed Web Server dengan LiteSpeed Cache Plugin sudah mumpuni untuk mengatasi masalah kecepatan website,” ujar La Ode.

Berdasarkan statistik dan riset, LiteSpeed Web Server memiliki kinerja tinggi dan dapat dengan baik menambah kecepatan situs web dengan berbagai fitur yang lengkap. Dibandingkan dengan Apache, LiteSpeed mampu mengangkat beban server 50% lebih kuat, dan performanya berkali lipat lebih cepat dibandingkan jenis web server lainnya.

Berita Menarik Lainnya:  Bedah Rumah di Ngagel Surabaya Salah Sasaran, Picu Konflik Warga?

“LiteSpeed Web Server punya beberapa fitur, salah satunya adalah Image Optimization. Karena gambar menjadi salah satu penyebab beratnya loading sebuah website. Kadang orang membuat website tidak memikirkan ukuran gambar, padahal itu bisa jadi salah satu penyebab masalah. LiteSpeed punya fitur untuk mengatasinya,” lanjut La Ode.

Penggunaan web server harus menjadi perhatian bagi pemilik website. Termasuk juga dalam pemilihan layanan hosting. Pastikan layanan hosting memiliki web server terbaik yang berkualitas dan memberikan performa website yang handal.

“Kabar gembiranya adalah layanan Niagahoster sudah menggunakan LiteSpeed Web Server. Kombinasi produk Cloud Hosting dengan LiteSpeed Web Server sudah sangat mumpuni untuk membuat website dengan performa handal,” tuturnya. Perpaduan Cloud Hosting dengan LiteSpeed Web Server akan menghasilkan website yang stabil meski trafiknya tinggi dan jauh lebih cepat daripada jenis hosting lainnya.

banner 600x310

Pos terkait