Melalui Gelaran Ini Lho ITS! 2021, ITS Kenalkan Kehidupan Kampus Pada Siswa SMA

Beritabangsa.com, Surabaya – Ajang pengenalan tentang kehidupan perkuliahan di kampus Institut Teknologi Sepuluh Nopember (ITS) kepada para siswa SMA/SMK sederajat kembali digelar. Acara open campus bertajuk Ini Lho ITS! (ILITS) 2021 ini memberikan pengalaman tersendiri, karena para peserta diajak untuk mengulik informasi yang dimiliki oleh setiap departemen secara virtual.

Tidak hanya pengenalan kehidupan perkuliahan, para peserta juga diberikan informasi tentang keilmuan, prospek kerja, dan berbagai prestasi pada setiap departemen yang ada di ITS. Acara open campus yang bertemakan Ruang Mimpi ini dilaksanakan dalam tiga hari, yakni mulai Minggu (7/2), Sabtu (13/2), dan Minggu (14/2). Pada setiap harinya acara ini terbagi menurut fakultas dan menjadi beberapa sesi.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Hujan Bukan Penyebab Banjir dan Longsor, Ini Kata Peneliti MKPI ITS
banner 1920x1080

Dalam sambutan pembukaannya, Rektor ITS Prof Dr Ir Mochamad Ashari MEng mengatakan, Open Campus ILITS 2021 ini cocok untuk dijadikan tujuan menyalurkan mimpi-mimpi bagi para pelajar SMA/SMK sederajat yang ingin melanjutkan jenjang perkuliahan melalui kampus Pahlawan ini. “Terlebih, ITS juga akan menunggu para generasi muda yang nantinya bersama-sama bergerak untuk berkontribusi dan berkarya untuk membangun bangsa,” ungkapnya.

Hal ini juga diamini oleh Dekan Fakultas Teknologi Industri dan Rekayasa Sistem (FTIRS) ITS Dr Wawan Aries Widodo ST MT. Sebagai pengisi materi pengenalan yang pertama, ia memaparkan bahwa karya yang dihasilkan oleh ITS juga banyak dihasilkan dari mahasiswa departemen yang ada di FTIRS. “Selain itu, departemen yang ada di dalam fakultas ini juga telah mengantongi akreditasi dan sertifikasi internasional,” ujar dosen Departemen Teknik Mesin ini bangga.

Sebagai kampus yang sering menyumbangkan karya dan prestasi dalam bidang teknologi, ITS juga diiringi dengan kekuatannya dalam membangun sektor kemaritiman di Indonesia. Lewat Fakultas Teknologi Kelautan (FTK), ITS juga banyak melahirkan inovasi-inovasi baru dan pemecahan masalah yang dapat diselesaikan melalui rumpun keilmuannya.

Berita Menarik Lainnya:  Pasca Musibah, Kades Daleman Bantu Bangun Dapur Warga

Selaku dekan, Dr Eng Trika Pitana ST MSc berujar lewat presentasinya bahwa saat ini banyak faktor permasalahan di Indonesia yang masih erat kaitannya dengan dunia kemaritiman, mulai dari ekonomi, infrastruktur, tantangan geografi, demografi dan sebagainya

Dosen Departemen Teknik Sistem Perkapalan ini melanjutkan, dengan bidang dan prodi yang ada di FTK para pelajar SMA/SMK sederajat bisa mengulik kembali dan menjawab tantangan kemaritiman yang ada. “Diharapkan juga generasi muda banyak yang berkontribusi serta menemukan passion-nya dalam bidang kelautan,” tuturnya.

Lain halnya dengan dua bidang sebelumnya yang berbasis industri dan kemaritiman, pada sesi sore hari ada Fakultas Desain Kreatif dan Bisnis Digital (FDKBD), memberikan insight dengan dua aspek yang berbeda, yaitu bisnis dan desain. Dekan FDKBD Imam Baihaqi ST MSc PhD menggambarkan, jika dalam dunia industri dan bisnis pastinya diawali dengan desain.

Berita Menarik Lainnya:  Nasdem Bondowoso Targetkan Raih Kursi di Setiap Dapil

Mulai dari perencanaan desain produk, memvisualisasikan suatu produk untuk dipromosikan, serta bagaimana cara memanajemen produksi produk tersebut agar bisa dipasarkan secara masal. “Semua ini berawal dari kreativitas, lalu akan terbentuk inovasi baru dan menghasilkan gagasan baru yang semua ini akan didapatkan apabila tergabung dalam departemen-departemen yang ada di FDKBD,” tandas mantan dosen School of Business Monash University Sunway Campus ini.

Ketua Pelaksana ILITS 2021 Auliansyah Rizki Teknikade berharap penuh untuk antusiasme para pelajar yang ingin melanjutkan jenjang kuliah, khususnya di ITS, “Semoga nantinya ini akan memberikan dampak bagi kebermanfaatan dan pembekalan ilmu perkuliahan dan keprofesian bagi adik-adik SMA sekalian,” ujar mahasiswa yang akrab disapa Rizki ini penuh harap.

Reporter : Ali Wafa
Publisher : Atho` Illah

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *