LPM Suramadu, Lembaga Dengan Prinsip Vertikal dan Horizontal

lembaga LPM Suramadu

Beritabangsa.com, Surabaya – Sebuah lembaga, semisal lembaga swadaya masyarakat (LSM) tanpa mempunyai panutan yang baik akan sia-sia. Gegara sekelompok oknum yang tidak bertanggungjawab, akhirnya citra LSM tercemar.

Hal itu karena pimpinan lembaga ini tidak bisa dijadikan figur panutan. Yang terjadi bukan membantu masyarakat, malah mengintrik masyarakat dan mengais rupiah dalam tiap aktivitasnya.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Dalam era sekarang yang penuh dengan tipu muslihat dan kelihaian politik dalam menata polemik yang tak berkesudahan, masyarakat sangat mengharapkan figur yang supel dan fleksibel.

Berangkat dari pemikiran yang lebih mengedepankan kepentingan umum daripada kepentingan pribadi, LPM Suramadu kembali dikembangkan oleh seorang tokoh muda familiar dan kharismatik.

Direktur utama PT. MNJ (Metatu Nusantara Jaya), H Abdul Rohim sekaligus ketua umum ini bertekad meneruskan perjuangan sosial mendiang ayahnya, H Sali yang merupakan perintis terbentuknya LPM Suramadu.

Berita Menarik Lainnya:  IRT Demo Bumiputera, Kepala Cabang PT Asuransi Jiwa Bersama Jombang Memaklumi

Setelah sempat vacum beberapa waktu, kini lembaga pemberdayaan masyarakat ini kembali menancapkan akar semangatnya untuk bisa berguna bagi masyarakat, khususnya Jawa Timur. Aktivitas lembaga difokuskan untuk aksi kemanusiaan, pemberdayaan dan sumber daya manusia yang beradab.

Dari pemikiran seorang H Sali yang bisa dibilang sukses dalam mendidik putra-putrinya, menjadi sosok yang peduli kepada masyarakat bawah, maka berdirilah LPM Suramadu yang pada waktu itu bergandengan dengan partai Demokrat.

Berbagai rintangan dan pahit manisnya dunia politik sudah dialami oleh H Sali, hingga akhirnya LPM Suramadu dan partai Demokrat berjalan beriringan.

Pengalaman-pengalaman saat bersama mendiang ayahnya itulah yang membuat Abah Rohim (sapaan akrabnya, red), kembali mengukuhkan dan meresmikan LPM Suramadu, sebagai lembaga yang murni untuk kemaslahatan umat.

Dalam peresmiannya beberapa waktu lalu di Batu, Malang, Rohim mengharapkan agar semua anggotanya guyub rukun dan selalu menjaga tali silaturahmi. Sabtu, (13/02/2021).

Berita Menarik Lainnya:  Terkendala Izin, Pasar Ramadhan di Mojokrapak Bubar

“Mari kita bersama-sama membesarkan lembaga ini, dan jadikan lembaga ini sebagai ladang ibadah buat kita, saya resmikan lembaga ini hanya dengan satu tujuan, yaitu ibadah,” jelas H Abdurrohim dan diamini oleh semua yang hadir pada waktu itu.

Hubungan vertikal dan horizontal adalah seperti apa yang telah dijelaskan oleh pengusaha muda ini tak lain Hablumminallah dan Hablumminannas.

Penulis sempat bergidik mendengar wacana yang dijelaskan tadi. Karena di zaman digitalisasi ini masih ada sosok yang sangat peduli dengan masyarakat tanpa adanya embel-embel alias pencitraan.

Sosok ketua umum LPM Suramadu bukan hanya memaparkan teori, akan tetapi sekaligus memberikan contoh dengan apa yang telah diwacanakan.

Hal inilah yang membuat tokoh Millenials ini menjadi ikon dari LPM Suramadu.

Kembali pada fungsional LPM Suramadu yang menitikberatkan pada ibadah, H Lukman Hakim,  yang dipercaya sebagai Sekjend, sesuai arahan dari  Rohim, membuat gebrakan dalam struktur kelembagaan.

Berita Menarik Lainnya:  Berhasil Ringkus Dua Tersangka, Polres Bondowoso Buru Jaringan Penjual Bubuk Mercon

Struktur kelembagaan yang dibentuk dalam beberapa departemen, diantaranya departemen pendidikan dan keagamaan, departemen kepemudaan, departemen keamanan, departemen sosial dan budaya, dan departemen lainnya yang tidak menutup kemungkinan terus dikembangkan sejalan dengan laju lembaga ke depannya.

Yang terutama dalam lembaga ini adalah menggandeng para habaib dalam setiap kegiatan keagamaan, sebagai dewan penasehat Habib Sauqi Assegaff yang juga pimpinan majelis Al-Alawiyyin.

Dengan bekal SDM (Sumber Daya Manusia) yang sudah berpengalaman di bidangnya masing-masing, H. Abdul Rohim mengharapkan agar semuanya bekerja dengan profesional dan penuh tanggung jawab.

Sehingga pada akhirnya nanti LPM Suramadu bisa dikenal masyarakat luas.

“Jangan kaku dalam menjalankan tugas, karena kita ini beribadah, bukan bersaing, fleksibel dan jangan didramatisir dalam membuat suatu keputusan,” imbuh Abah Rohim saat santai di Markas LPM Suramadu, Jln. Tambak Dalam Baru 1b, no. 27, Rabu, (17/02/2021).

>>> Klik berita lainnya di news google beritabangsa.com

 

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *