Komisi A Sambut Positif Wacana Pemekaran Dapil DPRD Surabaya

Silahkan Share ke :

Beritabangsa.com, Surabaya – Wacana pemekaran Daerah Pilihan (Dapil) DPRD kota Surabaya disambut positif oleh wakil ketua komisi A DPRD kota Surabaya, Camelia Habiba. Wacana ini kata Habiba sangat produktif untuk pemerataan keterwakilan wilayah Surabaya, mengingat populasi jumlah penduduk kota Surabaya mencapai 3,1 juta jiwa lebih.

“Tentu wacana ini sangat baik, komisi A akan melakukan koordinasi dengan KPU Surabaya untuk penataan Dapil tersebut. Minimal Surabaya menjadi 7 Dapil dan bisa jadi 8 Dapil,” kata Camelia Habiba saat dihubungi melalui via WhatsApp. Senin, (03/5/2021).

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Unusa Dipercaya Dapat Turunkan Angka Stunting Anak di Jawa Timur
banner 1920x1080

Habiba menjelaskan pemekaran Dapil telah diatur dalam UU Nomor 7 Tahun 2017 yang menyebutkan bahwa kabupaten/kota yang memiliki penduduk lebih dari 3 juta jiwa, jumlah anggota DPRD-nya bisa diisi 55 orang.

“Pemilu legislatif 2024 kursi DPRD Kota Surabaya bertambah menjadi 55 kursi karena pertambahan penduduk,” jelasnya.

“Dengan adanya penambahan kursi, tentunya perluasan Dapil juga mengikuti,” imbuhnya.

Berita Menarik Lainnya:  Melalui Reses Virtual, Camelia Habiba Dorong Pemerintah Terbitkan Perda Pesantren

Adapun pemekaran Dapil bukan hanya Dapil 3 dan 5 yang dipecah, namun semua Dapil akan dilakukan pemekaran dengan memperhatikan luasan dan kepadatan penduduk.

“Sehingga ketika Caleg itu terpilih menjadi anggota DPRD, mereka bisa maksimal mengaspirasikan kepentingan warga yang diwakili,” pungkas pimpinan Fatayat NU Surabaya tersebut.

Reporter : Ali Wafa
Publisher : Atho’illah

banner 600x310

Pos terkait