Ketum PC PMII Jember Peringatkan Pemkab Bondowoso Masalah Air di Desa Botolinggo

Silahkan Share ke :

Jember, Beritabangsa.com Bu – Ketua umum PC PMII Jember, Baijuri, turut mengomentari masalah pertikaian antara warga Desa Botolinggo dengan PT. BSI (Bumi Suksesindo). Diduga akar pertikaian tersebut lantaran kedua pihak saling berebut air sungai. Warga membutuhkan air untuk keberlangsungan hidup mereka, sedangkan PT. BSI sendiri untuk mengairi kebun sengon.

Adanya pertikaian antara warga Desa Botolinggo dengan perusahaan tambang itu juga didasari oleh oknum perusahaan melarang warga untuk mengambil air sungai. Akhirnya warga melapor kepada pihak kepolisian. Namun, pihak PT. BSI mengelak dan mengaku telah berkordinasi dengan pemerintah setempat.

Bacaan Lainnya
Berita Menarik Lainnya:  Bupati Lumajang Aklamasi Jabat Ketum IKA PMII Jatim 2022-2027
banner 1920x1080

“Kalau memang sudah ada kordinasi dari perusahaan tambang dengan pemerintah, buat apa warga susah payah melapor. Kenyataannya kan berbeda. Jangan permainkan warga,” tegas Baijuri

Ketersediaan air menipis semenjak memasuki musim kemarau. Warga Botolinggo hanya bisa bergantung pada air sungai. Karena air sungai adalah satu-satunya sumber air yang tersisa. Itu pun airnya masih harus dibagi dengan daerah yang lain.

Berita Menarik Lainnya:  Polisi Gelar Rekontruksi Pemukulan dan Perampasan Mobil Wartawan

Ketum PC PMII Jember itu menilai Bantuan dari BNPB pun tidak mencukupi kebutuhan warga. BNPB hanya memberi stok air dua kali setiap pekannya dengan truk tangki. Apalagi warga harus berjalan sekitar lima kilo meter dari rumah ke pos bantuan air.

“Saya minta pemerintah daerah khsusnya Bupati segera menuntaskan masalah ini. Air adalah kebutuhan utama warga. Pastikan air diterima warga dengan jangkauan yang memadai dan bersih,” tegas pria kelahiran Bondowoso itu

Berita Menarik Lainnya:  Nelayan Kecil di 4 Kecamatan Demo Tolak Alat Tangkap Jaring Selerek

Untuk mengkawal hal ini, laki-laki yang saat ini sedang menempuh pasca sarjana Ekonomi di IAIN Jember, mengajak jajaran Pengurus Cabang PMII se-Tapal Kuda turut memberi dukungan kepada warga dan mengkawal penuh kasus ini.

“Ini akan menjadi kawalan PMII se-Tapal Kuda. Jadi, saya akan kordinasikan dengan Ketua PMII Cabang Se-Tapal Kuda,” pungkas Baijuri.

Reporter : Ali Wafa

banner 600x310

Pos terkait