Keluhan Warga Asemrowo Soal Langganan Banjir Masuk RKPD 2021

Beritabangsa.com, Surabaya – Ketika suara rakyat tak lagi didengar, maka seyogyanya pihak-pihak yang terkait dengan kepentingan umum harus vokal dalam mewujudkan hal-hal yang menjadi keluhan masyarakat, khususnya warga Asemrowo.

Hal inilah yang sedang diusahakan oleh Musrenbang RKPD (Rencana Kerja Pemerintah Daerah) Kecamatan Asemrowo. Yaitu mengadakan rapat secara virtual berkenaan dengan usulan beberapa kelurahan, terutama masalah banjir, Selasa, (02/02/2021). Pukul 10.00 WIB.

Bacaan Lainnya
banner 1920x1080

Rapat digelar di kantor Kecamatan Asemrowo, lantai 2, Jln. Asemraya 1, Surabaya.

Dalam zoom meeting tersebut disepakati untuk memprioritaskan 3 kelurahan, terutama Kelurahan Asemrowo, Genting Kalianak dan Kelurahan Tambak Sarioso. Terdapat 71 usulan pekerjaan dengan jumlah budget mencapai Rp 13.039.704.061.

Berita Menarik Lainnya:  10 Tahun Drainase Dupak Rukun Tak Disentuh, Sedimentasi Capai 1 Meter

Anggaran yang diusulkan oleh Musrebang tersebut nantinya akan diperinci lagi ke beberapa kelurahan, diantaranya, Kelurahan Tambak Sarioso dengan total anggaran Rp 1.527.945.352, Kelurahan Genting Kalianak sebesar Rp 1.502.419.425 dan terbesar adalah Kelurahan Asemrowo dengan total anggaran Rp 5.130.425.462.

Menurut Kasi pembangunan Kecamatan Asemrowo, Rudi Hermawan, S.T., M.M., menyatakan bahwa dari hasil usulan tersebut telah menghasilkan beberapa keputusan.

“Berdasarkan hasil survey di lapangan, ditemukan permasalahan terkait kondisi eksisten di lokasi yang berdampak pada cakupan genangan air yang semakin meluas, tinggi genangan makin tinggi dan lama genangan air makin lama menyusutnya,” ujar Rudi.

Masih kata Rudi, pihaknya memohon kerjasama seluruh pihak dalam penangan banjir di wilayah Asemrowo

“Kami mohon untuk kerjasamanya dalam penanganan banjir di wilayah Asemrowo yang setiap musim penghujan mengalami kebanjiran dan sangat berharap usulan Musrenbang cakupan skala kota dan Musbangkel skala lingkungan bisa segera direalisasikan pada tahun 2022,” harapnya.

Berita Menarik Lainnya:  Warga Taal Adukan Kades ke Kejaksaan, Ada Apa??

Selain usulan tentang perbaikan sistem drainase agar bisa terintegrasi dengan saluran primer dan sekunder, Kelurahan Asemrowo juga mengusulkan pengadaan Gamelan. Diharapkan dengan adanya nuansa seni di wilayahnya, Kelurahan Asemrowo menjadi lebih baik lagi dan juga perwujudan dari pelestarian budaya Jawa.

Sementara Moch. Widodo, S.Pd., Ketua LPMK (Lembaga Pemberdayaan Masyarakat Kelurahan) Kelurahan Asemrowo menegaskan pentingnya rapat itu, agar kepercayaan masyarakat kepada Musrenbang kembali pulih.

“Jangan sampai warga tidak percaya lagi dengan MUSRENBANG, sampean tahu sendiri kan, bagaimana saya teriak-teriak tadi, semoga tahun ini bisa terealisasi,” tegasnya.

Saat ditanya via WhatsApp oleh awak media ini tentang kenapa realisasi pengajuan tersebut tahun 2022 dan bukan tahun 2021, Ketua LPMK Kelurahan Asemrowo tersebut menjelaskan, pengajuan tahun 2021 memang pengerjaan tahun 2022, tapi perlu digarisbawahi, bahwa pelaksanaan di tahun 2020 dan tahun 2021 belum ada pengerjaan sama sekali.

Berita Menarik Lainnya:  Camat Asemrowo Jemput Bola Atasi Masalah Warga

Rapat Musrenbang (Musyawarah Rencana Pembangunan), diikuti oleh beberapa Peserta, antara lain Ketua RW se-Kecamatan Asemrowo, LPMK se-Kecamatan Asemrowo, Ketua Kartar se-Kecamatan Asemrowo dan Ketua PKK se-Kecamatan Asemrowo.

Kemudian untuk narasumber, dihadirkan dari BAPPEKO (Badan Perencanaan Pembangunan Kota), DKRTH (Dinas Kebersihan dan Ruang Terbuka Hijau), DPUBM (Dinas Pekerjaan Umum, Bina Marga dan Pematusan), DPRKPCKTR (Dinas Perumahan Rakyat Kawasan Pemukiman Cipta Karya dan Tata Ruang), DISKOMINFO (Dinas Komunikasi dan Informatika), DINKES (Dinas Kesehatan) dan DKPP (Dewan Kehormatan Penyelenggara Pemilu).

Turut hadir juga dalam rapat tersebut, Kapuskesmas Asemrowo, Danramil Tandes, Kapolsek Asemrowo dan Lurah se-Kecamatan Asemrowo serta Kasi Bangtib se-Kecamatan Asemrowo.

Reporter : Mawardi
Publisher : Atho` Illah

banner 600x310

Pos terkait

[masterslider id="23"]

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *